//

ANALISIS PERANCANGAN DAN PEMBUATAN KURSI ANTROPOMETER UNTUK PENGUKURAN DATA ANTROPOMETRI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Aulia Ramadhan - Personal Name

Abstrak/Catatan

Antropometri merupakan bidang ilmu yang berhubungan dengan dimensi tubuh manusia. Dalam dunia industri pendekatan antropometri sangat dibutuhkan misalnya saja dalam perancangan produk, perancangan peralatan atau fasilitas kerja. Laboratorium Perancangan Sistem Kerja dan Ergonomi adalah salah satu laboratorium yang ada di Prodi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala. Salah satu materi praktikum pada Laboratorium Perancangan Sistem Kerja dan Ergonomi adalah antropometri. Untuk mendukung proses praktikum ergonomi antropometri pada laboratorium ini maka dilakukanlah perancangan dan pembuatan kursi antropometer agar hasil yang diharapkan pada praktikum ergonomi antropometri ini menjadi lebih optimal dan konsep pengukuran antropometri dengan menggunakan antropometer sesuai dengan dimensi tubuh dan posisi tubuh yang akan diukur dapat tersampaikan dengan lebih baik kepada praktikan itu sendiri. Perancangan kursi antropometer pada penelitian ini menggunakan metode perancangan Pahl dan Beitz berdasarkan konsep kursi antropometer yang ada pada Laboratorium Analisis Perancangan Kerja dan Ergonomi Universitas Islam Bandung. Dari hasil perancangan dan pembuatan, kursi antropometer pada penelitian dapat berfungsi dengan baik. Semua data antropometri posisi duduk dapat diukur menggunakan kursi antropometer ini tanpa memerlukan tambahan alat lainnya. Namun dari simulasi penggunaan yang dilakukan masih terdapat beberapa kekurangan yang ada pada kursi antropometer ini. Kekurangan itu antara lain kesulitan dalam mengatur letak alat bantu ukur pada pengukur lebar tubuh dan mengatur tinggi alas kursi antropometer sesuai dengan objek yang diukur. Kata Kunci: Antropometri, Antropometer, Kursi Antropometer, Perancangan dan Pengembangan Produk, Metode Perancangan Pahl dan Beitz.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERANCANGAN ULANG KURSI ROTAN BERDASARKAN PENGUKURAN DATA ANTROPOMETRI (STUDI KASUS CV. KARYA TRIENG) (Ricky Satria, 2018)

PERANCANGAN MEJA DAN KURSI ERGONOMIS UNTUK MURID SEKOLAH DASAR (STUDI KASUS SEKOLAH DASAR DI KOTA LANGSA) (nabila yudisha, 2015)

PERANCANGAN ULANG KURSI PENUMPANG BECAK MOTOR SESUAI DENGAN STANDAR ANTROPOMETRI ORANG ACEH (Rika Ulfa, 2017)

PERANCANGAN ALAT PENGHANCUR SAGU BERDASARKAN DATA ANTROPOMETRI DENGAN METODE RULA (STUDI KASUS: PADA MASYARAKAT KECAMATAN SEGET, PAPUA BARAT (Talib Mahu, 2017)

ANALISIS PENGARUH ANTROPOMETRI DAN BIOMEKANIK ATLET ACEH PADA DESAIN ERGOMETER DAYUNG (Muhammad Nuzan Rizki, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy