//

PERILAKU BATANG TEKAN PROFIL SIKU TUNGGAL DENGAN VARIASI PANJANG BATANG PADA STRUKTUR RANGKA (TRUSS)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rizky Syaputra - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penggunaan baja profil siku pada bermacam-macam struktur sangat sering kita jumpai. Seperti pada struktur rangka jembatan dan menara transmisi. Struktur rangka merupakan susunan dari beberapa batang yang membentuk segitiga atau kombinasi segitiga yang terdiri dari elemen batang yang mengalami gaya tarik atau gaya tekan. Dalam perencanaan struktur rangka, eksentrisitas batang tekan sering diabaikan dan batang dianggap menerima beban aksial murni. Akibatnya kapasitas batang tekan rencana menjadi lebih kecil karena tidak memperhitungkan tekuk (buckling) akibat eksentrisitas. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu dilakukan suatu penelitian untuk mengetahui perilaku kegagalan batang tekan pada sistem struktur rangka batang (truss). Penelitian ini dimodelkan dengan dua buah batang siku yang dibentuk menjadi sebuah struktur rangka batang yang pada ujung-ujungnya disambung dengan menggunakan baut. Metode pembebanan pada buhul diberikan dengan beban tarik arah gravitasi pada plat buhul sampai batang tekan pada benda uji mengalami tekuk. Penelitian ini mengkaji perilaku penampang siku tunggal L30.30.3 menerima beban aksial tekan dengan variasi panjang batang dan tetap memperhitungkan eksentrisitas sesuai dengan kondisi lapangan dan dianalisis menurut aturan SNI 2002 dan SNI 2015. Berdasarkan hasil pengujian pada benda uji rangka batang dengan panjang batang tekan 103 cm, 83 cm, dan 63 cm diperoleh nilai kuat tekan ultimit berturut-turut sebesar 4.922 N, 6.117 N, dan 8.368 N. Pola deformasi pada ketiga benda uji menunjukkan perilaku yang sama. Pada tengah bentang perpindahan terbesar terjadi pada arah horizontal. Perpindahan horizontal pada benda uji A, B, dan C berturut-turut sebesar 16,38 mm; 10,26 mm; 6,63 mm. Sedangkan perpindahan vertikal pada benda uji A, B, dan, C berturut-turut sebesar 0,78 mm; 0,9 mm; dan 1,73 mm. Kondisi analitis yang paling mendekati kondisi aktual struktur rangka adalah kondisi beban eksentris dengan asumsi tumpuan sendi-jepit berdasarkan SNI 2015 dengan kesalahan relatif 0,168. Nilai faktor tumpuan K yang sesuai untuk sambungan baut adalah 0,997 untuk aturan SNI 2002 dan 0,467 untuk aturan SNI 2015. Kata kunci : profil siku, beban aksial, eksentrisitas, rangka batang, kegagalan tekuk

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MENDAHULUKAN PUBLIKASI PAPER (Bustanul Arifin, 2018)

KAPASITAS BATANG TEKAN BAJA PROFIL SIKU TUNGGAL DENGAN VARIASI PANJANG MENGGUNAKAN SAMBUNGAN BAUT (Luthfi Zulnas, 2017)

KAPASITAS BATANG TEKAN PROFIL SIKU TUNGGAL DENGAN SAMBUNGAN BAUT DI KEDUA UJUNG TUMPUAN (SUATU PENELITIAN DENGAN ANGKA KELANGSINGAN 139) (Arjur Ridha, 2015)

KAPASITAS BATANG TEKAN PROFIL UNP TUNGGAL DENGAN VARIASI PANJANG MENGGUNKAN SAMBUNGAN BAUT (M. Jada Rizqi, 2018)

KAPASITAS BATANG TEKAN PROFIL SIKU TUNGGAL DENGAN MENGGUNAKAN SAMBUNGAN BAUT DI KEDUA UJUNG BATANG (SUATU PENELITIAN DENGAN ANGKA KELANGSINGAN BATANG 157) (Almukaffa, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy