HUBUNGAN FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL DENGAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI GAMPONG BLANGKRUENG KABUPATEN ACEH BESAR (STUDI KASUS KELOMPOK USAHA BERSAMA PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DUSUN COT SIBATI) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

HUBUNGAN FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL DENGAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI GAMPONG BLANGKRUENG KABUPATEN ACEH BESAR (STUDI KASUS KELOMPOK USAHA BERSAMA PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DUSUN COT SIBATI)


Pengarang

RIZA RAMADHAN - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

10050102010040

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

HUBUNGAN FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL
DENGAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI GAMPONG BLANGKRUENG
KABUPATEN ACEH BESAR
(STUDI KASUS KELOMPOK USAHA BERSAMA PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DUSUN COT SIBATI)

OLEH
Riza Ramadhan/ Agribisnis Unsyiah
ABSTRAK
Salah satu aspek bagi lingkungan pemukiman yang sehat yaitu kondisi yang akan dapat dicapai bila sampah dapat dikelola secara baik sehingga lingkungan menjadi bersih dimana manusia beraktifitas di dalamnya. Pengelolaan sampah rumah tangga yang baik dapat menciptakan suasana lingkungan yang bersih, aman, dan sehat. Untuk menciptakan suasana tersebut, maka diperlukan partisipasi aktif masyarakat dalam mengelola sampah rumah tangga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat partisipasi masyarakat serta hubungannya dengan faktor internal dan eksternal dalam pengelolaan sampah rumah tangga. Lokasi penelitian berada di Gampong Blang Krueng, Kabupaten Aceh Besar dengan sampel rumah tangga di Dusun Cot Sibati yang ditentukan dengan teknik simple randon sampling. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan analisis data menggunakan tabel distribusi frekuensi dan uji korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah termasuk dalam kategori sedang yaitu rata – rata skor berada pada >1,66 sampai 2,32. Hasil uji korelasi Rank Spearman didapat bahwa faktor internal dan eksternal yang berhubungan dengan tingkat partisipasi adalah pengetahuan dan keahlian, kelembagaan sosial, dan kepemimpinan dengan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf kepercayaan 0,05.

Kata Kunci : Pengelolaan Sampah, Faktor Internal dan Eksternal, Partisipasi

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK