//

PERANAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP PELAYANAN DI POLIKLINIK GIGI DAN MULUT RSUDZA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SISILIA ASMARA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Sisilia Asmara Program Studi : Kedokteran Gigi Judul Skripsi : Peranan Komunikasi Interpersonal terhadap Pelayanan di Poliklinik Gigi dan Mulut RSUDZA Banda Aceh Komunikasi interpersonal antara dokter gigi dengan pasien merupakan faktor penting untuk proses maupun hasil pelayanan medik gigi dan mulut menjadi optimal. Terdapat lima syarat untuk menciptakan komunikasi interpersonal yaitu sikap positif, merasakan perasaan orang lain, sikap mendukung, keseimbangan antara pelaku komunikasi serta sikap dan keinginan untuk terbuka. RSUDZA merupakan rumah sakit rujukan di Provinsi Aceh yang mempunyai tugas dan fungsi memberikan pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat termasuk pelayanan kesehatan gigi dan mulut. Pelayanan kesehatan gigi dan mulut tersebut adalah poliklinik gigi dan mulut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peranan komunikasi interpersonal terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Poliklinik Gigi dan Mulut RSUDZA. Metode penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan cross sectional . Jumlah subjek penelitian adalah 222 orang. Hasil penelitian menunjukkan sesuai harapan pasien dengan peranan komunikasi interpersonal terhadap pelayanan di Poliklinik Gigi dan Mulut yaitu, sikap positif 77,9%, merasakan perasaan orang lain 79,7%, sikap mendukung 79,7%, keseimbangan antara pelaku komunikasi 79,3%, sikap dan keinginan untuk terbuka 79,7% namun secara keseluruhan pelayanan poliklinik mencapai 88,3%. Hasil Uji chi-square terhadap teknik komunikasi interpersonal menunjukkan sikap positif dengan nilai p = 0,021, merasakan perasaan orang lain dengan nilai p = 0,000, sikap mendukung dengan nilai p = 0,000, keseimbangan antara pelaku komunikasi dengan nilai p = 0,000, sikap dan keinginan untuk terbuka dengan nilai p = 0,001 memiliki hubungan signifikan terhadap pelayanan Poliklinik Gigi dan Mulut RSUDZA. Kata kunci: komunikasi interpersonal, Pelayanan Poliklinik Gigi dan Mulut RSUDZA ABSTRACT Name : Sisilia Asmara Study Program : Dentistry Title : Ther Role of Interpersonal Communication Integrated with Dental Health Service at Dental Clinic of RSUDZA Banda Aceh Interpersonal communication between the patient's and dentist is an important factor to processed and results of dentalcare to be optimal. There are five conditions to creates interpersonal communication that is a positive attitude, feel the feelings of others, being supportive, the balance between communicators and the attitude and the desire to open. RSUDZA is a referral hospital in Aceh which has duties and functions of providing health care for all people one of whom dental health care. Dental health care is a dental clinic. The purpose of this study to determine the role of interpersonal communication to dental health care in Dental care RSUDZA Polyclinic Services. The research method was descriptive cross-sectional approach.Total sampel of this study 222 subject. The results showed as expected the patient to the role of interpersonal communication with the service at the dental care is 77.9% positiveness, 79,7% emphaty, 79,7% supportiveness, 79,3% equality, 79,7% openess, balance and a desire to open but the overall clinic services reached is 88,3%. Results of the Chi-Square of the techniques of interpersonal communication showed a positiveness to the value of p = 0.021, emphaty with the value p = 0.000, supportiveness to the value of p = 0.000, equality with a value of p = 0.000, openess with a value of p = 0.001 has a significant relationship with the Dental care of RSUDZA Polyclinic services. Keywords: interpersonal communication, Dental care RSUDZA Polyclinic Services

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERANAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP PELAYANAN DI POLIKLINIK GIGI DAN MULUT RSUDZA BANDA ACEH (SISILIA ASMARA , 2015)

HUBUNGAN PELAYANAN POLIKLINIK GIGI DAN MULUT RSUDZA DENGAN KEPUASAN PASIEN JKA BANDA ACEH TAHUN 2011 (Thisa Humaira, 2015)

PENILAIAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DOKTER GIGI MUDA DENGAN PASIEN PROSTODONSIA DI RUMAH SAKIT GIGI MULUT (RSGM) UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Rahmaini, 2016)

GAMBARAN PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI POLIKLINIK GIGI RUMAH SAKIT TK II ISKANDAR MUDA BANDA ACEH (STUDI BERDASARKAN PENGETAHUAN PASIEN DAN SIKAP PETUGAS KESEHATAN) (Azizah, 2019)

GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN POLIKLINIK GIGI DAN MULUT DI PUSKESMAS KOTA BANDA ACEH (Muhammad Raditya Nanza, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy