//

ANALISIS USAHATANI KAKAO RAKYAT PADA BERBAGAI POLA TANAM TUMPANG SARI DI KECAMATAN GEULUMPANG TIGA KABUPATEN PIDIE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Permintaan Versi cetak
Pengarang DAHLIA - Personal Name
SubjectPRODUCTIVITY
FARM INCOME
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ANALISIS USAHATANI KAKAO RAKYAT PADA BERBAGAI POLA TANAM TUMPANG SARI DI KECAMATAN GEULUMPANG TIGA KABUPATEN PIDIE Oleh Dahlia / Agribisnis Unsyiah ABSTRAK Salah satu cara meningkatkan produktivitas perkebunan rakyat yang utamanya berada di dalam lahan kering adalah dengan pola tanam tumpang sari. Tumpang sari menjamin berhasilnya penanaman menghadapi iklim yang tidak menentu, serangan hama dan penyakit, serta fluktuasi harga. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pendapatan petani dan produktivitas lahan kakao di berbagai pola tanam tumpang sari pada usahatani kakao di Kecematan Geulumpang Tiga. Penelitian dilakukan dengan metode survei/wawancara menggunakan kuesioner. Wawacara dilakukan di Kecamatan Geulumpang Tiga dengan jumlah sampel sebanyak 52 responden yang ditentukan secara Proportioned Stratified Random Sampling. Untuk mendapatkan tujuan yang diinginkan maka indikator analisis yang digunakan yaitu analisis kontribusi penerimaan, analisis pendapatan usahatani dan kelayakan usahatani dengan indikator R/C ratio. Berdasarkan hasil analisis didapat bahwa pendapatan petani yang paling banyak terdapat pada pola tanam V yaitu sebesar Rp 9.508.511 per hektar per tahun. Sedangkan produktivitas lahan kakao paling banyak terdapat pada pola tanam V yaitu sebesar 427 kg/ha/tahun. Kata Kunci: Pendapatan, Tumpang Sari, Kakao

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Chat Service LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KONTRIBUSI USAHATANI KAKAO TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN RUMAH TANGGA DI DESA REULEUT KECAMATAN ULIM KABUPATEN PIDIE JAYA (ERNI LISTIA, 2016)

ANALISIS PERBANDINGAN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PETANI CABAI MERAH ANTARA POLA TANAM MONOKULTUR DENGAN POLA TANAM TUMPANG SARI DI KECAMATAN PIDIE KABUPATEN PIDIE (Faidil Akbar, 2020)

ANALISIS KELAYAKAN USAHATANI KAKAO DI KECAMATAN GLUMPANG TIGA KABUPATEN PIDIE (Reza rizki, 2013)

ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI SAYURAN BERDASARKAN POLA TANAM USAHATANI DI DESA BARABUNG KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (RISKA DEVI HASTRIANTY, 2019)

ANALISIS FINANSIAL USAHATANI KAKAO DI KECAMATAN GLUMPANG TIGA KABUPATEN PIDIE (Jafrizal, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy