//

ANALISIS KEBUSUKAN DAGING SAPI DENGAN MENGGUNAKAN PERSENTASE LARUTAN GARAM DINGIN YANG BERBEDA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Desi Nurmayanti - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebusukan daging sapi dengan penambahan larutan garam dingin sebagai bahan pengawet. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Pengolahan Daging Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala, yang berlangsung mulai bulan Maret 2015 sampai April 2015. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan pengulangan sebanyak 3 kali. Dimana Perlakuan I = Persentase larutan garam dingin (20 gram, 25 gram, 30 gram). Perlakuan II = Waktu penyimpanan (0 hari, 10 hari, 20 hari, 30 hari). Parameter yang diamati yaitu uji kebusukan dengan 3 cara (uji Eber, uji Postma, dan uji H2S). Hasil penelitian menunjukkan, bahwan uji Eber daging sapi mulai menunjukkan kebusukan pada waktu penyimpanan hari ke-10. Pada uji postma awal kebusukan terjadi pada waktu penyimpanan hari ke-10, sedangkan pada uji H2S setelah waktu penyimpanan sampai hari ke-30 daging sapi tidak menunjukkan tanda-tanda kebusukan. Kata kunci : Daging, Garam dingin, Kebusukan.  

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KADAR LEMAK PADA DAGING SAPI ACEH BAGIAN OTOT PAHA DEPAN (CHUCK) PADA KONDISI SEGAR, DINGIN DAN BEKU (RAMA SANDITYA RAHMAN, 2019)

PENGARUH PENGGUNAAN PERSENTASE TEPUNG KUNYIT TERHADAP UJI KEBUSUKAN DAN TOTAL PLATE COUNT DAGING BROILER (Fitri Khairunisah, 2019)

KADAR PROTEIN PADA DAGING SAPI ACEH BAGIAN OTOT PAHA DEPAN (CHUCK) PADA KONDISI SEGAR, DINGIN DAN BEKU (Alfiyanda Ridhana S. Pane, 2019)

ANALISIS KEBUSUKAN SIE BALU DAGING KERBAU DENGAN PEMBERIAN PERSENTASE BAWANG PUTIH (ALLIUM SATIVUM) YANG BERBEDA (Aulia Dinamika, 2017)

PENGARUH KONSENTRASI LARUTAN PERENDAMAN GARAM DAN KONSENTRASI GULA PADA PEMBUATAN SELAI DARI DAGING BUAH PALA (MYRISTICA FRAGRANS) (Elva Suhendra, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy