//

IDENTIFIKASI TINGKAT PENGETAHUAN KONSUMEN RUMAH TANGGA TERHADAP IKAN BERFORMALIN DI KOTA BANDA ACEH (STUDI KASUS DI PASAR PEUNAYONG KOTA BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MULKAN SABARULLAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penyalahgunaan bahan kimia sebagai bahan pengawet sangat meresahkan masyarakat salah satunya adalah pemberian formalin pada ikan. Dimana maksud dari pemberian formalin pada ikan dilakukan agar tidak mudah busuk. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui tingkat pengetahuan konsumen rumah tangga terhadap ikan berformalin di Kota Banda Aceh. Adapun metode analisis deskriptif kuantitatif, sehingga bisa dapat menggambarkan tingkat pengetahuan konsumen rumah tangga dalam pembelian ikan berformalin di Kota Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsumen rumah tangga menyatakan setuju bahwa ikan berformalin mempunyai ciri tidak dihinggapi lalat, dan konsumen rumah tangga menyatakan sangat setuju terhadap ciri ikan berformalin adalah kenyal waktu ditekan. Untuk ciri bau ikan yang berformalin menyengat dan tidak ada bau amis ikan sebagian besar konsumen rumah tangga menyatakan kurang setuju, begitu juga dengan ciri warna insang ikan yang berformalin merah tua dan bukan merah segar, konsumen rumah tangga juga menyatakan kurang setuju. Dengan kondisi tersebut, pengetahuan konsumen rumah tangga terhadap ikan berformalin rata-rata berada pada katagori tinggi. Untuk mengkonsumsi ikan sebaiknya konsumen harus berhati-hati karena dapat merusak kesehatan, oleh karena itu sebaiknya konsumen harus melihat dulu ikan yang hendak dibeli dengan sangat teliti. Ikan yang berformalin dapat dilihat dari ujut fisik, bau dan rasa. Kata Kunci : Ikan,Formalin, Konsumen, Konsumsi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TINGKAT KESAMAAN SPESIES IKAN DI PASAR IKAN SINABANG, PANTE TEUNGOH SIGLI, DAN PASAR IKAN PEUNAYONG BANDA ACEH PROVINSI ACEH (Taufiq Hidayatsyah, 2013)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERKORELASI DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SAYURAN DI PASAR TRADISIONAL KOTA BANDA ACEH (IRNA MULYANTI, 2016)

IDENTIFIKASI EKTOPARASIT PADA IKAN PARI (DASYATIS SP.) DI PASAR IKAN PEUNAYONG KOTA BANDA ACEH (Arini Ulfa Khaira, 2016)

RESIDU ANTIBIOTIK PADA IKAN LELE (CLARIAS GARIEPINUS) YANG DIJUAL DI PASAR TRADISIONAL KOTA BANDA ACEH (RISKI AULIA, 2019)

BEBERAPA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PERMINTAAN TELUR AYAM KAMPUNG DI PASAR PEUNAYONG KOTA BANDA ACEH (Teuku Makmun, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy