//

WANPRESTASI DALAM PELAKSANAAN PERJANJIAN KERJA SAMA OPERASIONAL PEMELIHARAAN DAN PENGELOLAAN KEBUN KELAPA SAWIT ANTARA PERUSAHAAN DAERAH KABUPATEN SIMEULUE (PDKS) DENGAN PT. KASAMA GANDA (SUATU PENELITIAN DI DAERAH KOTA SINABANG KABUPATEN SIMEULUE ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang BAYU SATRIA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Bayu Satria, 2015 WANPRESTASI DALAM PELAKSANAAN PERJANJIAN KERJASAMA OPERASIONAL PEMELIHARAAN DAN PENGELOLAAN KEBUN KELAPA SAWIT ANTARA PERUSAHAAN DAERAH KABUPATEN SIMEULUE (PDKS) DENGAN PT. KASAMA GANDA (Suatu Penelitian di Daerah Kota Sinabang Kabupaten Simeulue Aceh). (vi, 55) pp,bibl.,app. (Yusri, S.H., M.H.) Dalam Pasal 6 Akta perjanjian kerjasama operasional antara Perusahaan Daerah Kabupaten Simeulue (PDKS) dengan PT. Kasama Ganda dijelaskan tentang pembagian hasil fee keuntungan akan dibagi kepada masing-masing pihak dan Pasal 7 menyebutkan bahwa pihak kedua akan membayar pesangon karyawan PDKS dan pinjaman PDKS di Bank. Namun dalam kenyataannya, pihak kedua yaitu PT. Kasama Ganda tidak memenuhi kewajiban yang telah disepakati bersama dengan pihak pertama yaitu PDKS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan perjanjian kerjasama operasional dalam pemeliharaan dan pengelolaan kebun kelapa sawit antara pihak pertama yaitu PDKS dengan pihak kedua yaitu PT. Kasama Ganda, pertanggung jawaban atas kerugian yang dialami PDKS terkait perkebunan kelapa sawit dan penyelesaian wanprestasi yang ditempuh oleh para pihak. Untuk memperoleh data dilakukan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Penelitian kepustakaan adalah untuk memperoleh data skunder, yaitu kajian dari buku-buku, peraturan perundangan yang berlaku dan pendapat sarjana. Sedangkan penelitian lapangan adalah untuk memperoleh data primer, yaitu dengan melakukan wawancara dengan informan dan responden. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui, bahwa pelaksanaan perjanjian yang dilakukan antara kedua belah pihak belum berjalan dengan semestinya karena pihak PT. Kasama Ganda tidak melaksanakan apa yang menjadi kewajibannya sebagaimana tertuang dalam perjanjian kerjasama No. 65/19 Desember 2012, faktor penyebab wanprestasi pihak PT. Kasama Ganda adalah belum adanya pembagian hasil penjualan dari Tandan Buah Segar (TBS) kepada pihak Perusahaan Daerah Kabupaten Simeulue, perawatan kebun yang tidak maksimal, terbatasnya alat transportasi produksi. Pihak kedua bertanggung jawab untuk memberikan ganti kerugian 20 millyar kepada pihak pertama, menanam kembali pohon yang mati/ rusak dan meningkatkan produksi kebun milik PDKS. Penyelesaiaan wanprestasi yang ditempuh oleh kedua belah pihak adalah dengan cara penyelesaian sengketa diluar pengadilan yaitu melalui Negosiasi dengan pihak pertama. Disarankan kepada pihak PT. Kasama Ganda dalam melakukan suatu perjanjian dapat memenuhi prestasinya sesuai dengan kesepakatan bersama agar tidak menimbulkan sengketa dikemudian hari. Kepada pihak PDKS dan Pemerintah Daerah Kabupaten Simeulue serta seluruh jajarannya untuk kedepan agar lebih mengawasi setiap kinerja mitra kerja baik PT. Kasama Ganda atau pihak lainnya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TRANSPARANSI PEMERINTAH KABUPATEN SIMEULUE DALAM PELAKSANAAN KERJASAMA DENGAN PIHAK SWASTA (STUDI KASUS PENUNJUKAN PT. KASAMA GANDA SEBAGAI MITRA KERJA PENGELOLAAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT PADA PERUSAHAAN DAERAH KABUPATEN SIMEULUE) (Rinaldi Amonanda Saputra, 2015)

UPAYA PENINGKATAN PENERIMAAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PERDESAAN DAN PERKOTAAN (PBB-P2) DI DINAS PENGELOLAAN KEUANGAN DAN KEKAYAAN DAERAH (DPKKD) KABUPATEN SIMEULUE (Budi Sastra, 2017)

PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN DAN PERAN MANAJERIAL PENGELOLA KEUANGAN DAERAH TERHADAP KINERJA SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH (SKPD) KABUPATEN SIMEULUE (MUHAMMAD JONI, 2014)

SENI PERTUNJUKAN NANDONG DI SINABANG KECAMATAN SIMEULUE TIMUR KABUPATEN SIMEULUE (NUZULA SALSABILLA, 2021)

IDENTIFIKASI SIFAT KUANTITATIF KERBAU SIMEULUE DI KECAMTAN SALANG KABUPATEN SIMEULUE (NUSRUL HALIMAN, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy