//

FAKTOR INDIVIDU PERAWAT YANG MEMPENGARUHI PROSES HANDOVERANTAR SHIFT DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT IBU DAN ANAKBANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sri Ratna Hayati - Personal Name

Abstrak/Catatan

KEMENTRIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI 15Agustus 2015 xv + VI Bab + 84 halaman + 12 tabel + 1 skema + 22 lampiran SRI RATNA HAYATI 1107101020001 FAKTOR INDIVIDU PERAWAT YANG MEMPENGARUHI PROSES HANDOVER ANTAR SHIFT DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK BANDA ACEH ABSTRAK Handover adalah transfer informasi dari perawat shift pertama ke perawat shift selanjutnya, efeksamping dari ketidakefektifanhandover adalah risiko keselamatan pasien dan gangguan dalam kesinambungan perawatan pasien. Faktor pada individu perawat yang mempengaruhi proses handover yaitu komunikasi, gangguan, interupsi, kebisingan, kelelahan, memori, pengetahuan dan pengalaman, serta variasi dan proses. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran faktor individu yang mempengaruhi perawat dalam proses handover antar shift di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Ibu dan Anak Banda Aceh tahun 2015. Jenis penelitian ini adalah deskriptif eksploratif dengan menggunakan desain cross sectional study. Populasi penelitian adalah seluruh perawat di ruang rawat inap Rumah Sakit Ibu dan Anak Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel menggunakan Total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 59 orang. Alat pengumpulan data berupa kuesioner dalam bentukdichotomy choiceyang terdiri dari 45 item pertanyaan. Metode analisis data dengan menggunakan analisis univariat. Dari hasil penelitian diperolehgambaran faktor individu yang mempengaruhi perawat dalam proses handover antar shift di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Ibu dan Anak Banda Aceh berada pada kategori kurang baik (66,7%), faktor komunikasi berada pada kategori tidak efektif (45,8%), faktor gangguan tinggi (61,0%), faktor interupsi tinggi (59,3%), faktor kebisingan tinggi (61,0%), faktor kelelahan tinggi (74,6%), faktor memori baik (59,5%), faktor pengetahuan dan pengalaman kurang (59,3%), faktor komunikasi tertulis baik (37,3%), faktor Variasi dan proses tidak varian (50,8%). Disarankanbagi perawat yang merupakan pemberi pelayanan kesehatan, di harapkan dapat melaksanakan handover dengan baik, karena salah satu faktor keselamatan pasien tergantung pada proses handover. Kata kunci : Handover, faktor individu perawat Daftar bacaan : 24 buku, 17 jurnal , 1 skripsi, 1Tesis,(1999-2014)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRES KERJA PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP BLUD RUMAH SAKIT UMUM MEURAXA KOTA BANDA ACEH TAHUN 2015 (Abdul Halim, 2015)

GAMBARAN STRES KERJA PERAWAT PELAKSANA PADA SHIFT JAGA DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (IDA MAULINA, 2015)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI PERAWAT DALAM PENDOKUMENTASIAN ASUHAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Ulfa Maulida, 2018)

KEMENTRIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN (Sri Wahyuni, 2015)

GAMBARAN KUALITAS TIDUR PERAWAT RUANG RAWAT INAP DI KOTA BANDA ACEH (MU`AMMAR DHIAUL HAQQ, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy