//

PENGARUH EKSTRAK ETANOL DAUN SALAM (Syzygium polyanthum [Wight] Walp.) DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN Escherichia coli

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nururrahmah - Personal Name
SubjectMEDICINAL PLANTS
ESCHERICHIA
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2011

Abstrak/Catatan

Daun salam (Syzygium polyanthum [Wight] Walp.) biasa dimanfaatkan sebagai bumbu dapur dan berkhasiat sebagai obat diare. Escherichia coli merupakan salah satu penyebab diare. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak etanol daun salam dalam menghambat pertumbuhan Escherichia coli. Jenis penelitian ini adalah eksperimen laboratorium dengan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) terdiri dari 3 kelompok perlakuan dan 2 kelompok kontrol, masing-masing kelompok diulang sebanyak 5 kali. Kelompok perlakuan terdiri dari ekstrak etanol daun daun salam dengan konsentrasi 50%, 75%, dan 100%, sedangkan kontrol positif digunakan gentamisin dan kontrol negatif digunakan CMC 1%. Uji antimikroba dilakukan dengan metode difusi cakram Kirby Bauer. Parameter yang diamati adalah luas zona hambat yang terbentuk pada media. Data dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel dan gambar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak etanol daun salam dengan konsentrasi 50%, 75%, dan 100% mampu menghambat pertumbuhan Escherichia coli sebesar 7,60 mm, 9,60 mm, dan 11,00 mm. Sementara itu, diameter zona hambat dari Gentamisin sebesar 18,00 mm sedangkan CMC 1% tidak menghasilkan daya hambat. Hasil diatas menunjukkan bahwa ekstrak etanol daun salam konsentrasi 100% mampu menghambat pertumbuhan Escherichia coli yang dapat digolongkan dalam kategori kuat dan konsentrasi 50%, 75% dapat digolongkan dalam kategori sedang. Gentamisin berdasarkan CLSI dalam menghambat pertumbuhan Escherichia coli yang digolongkan dalam kategori sensitif. Kata kunci: Daun salam, Syzygium polyanthum [Wight] Walp., Escherichia coli.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL DAUN SALAM SEGAR (SYZYGIUM POLYANTHUM [WIGHT] WALP) TERHADAP PERTUMBUHAN ENTEROCOCCUS FAECALIS (dila rahayu, 2015)

UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI DARI EKSTRAK METANOL DAUN SALAM (SYZYGIUM POLYANTHUM WIGHT.)PERTUMBUHAN KLEBSIELLA PNEUMONIA ISOLAT KLINIS (Aryana Debbie Three Shinta, 2015)

DAYA HAMBAT EKSTRAK ETANOL DAUN MENGKUDU (MORINDA CITRIFOLIA L.) TERHADAP PERTUMBUHAN SALMONELLA SP. DAN ESCHERICHIA COLI (DEVY KARTIKA HADI, 2019)

PENGARUH EKSTRAK DAUN SALAM (SYZYGIUM POLYANTHUM) TERHADAP PERTUMBUHAN ENTEROCOCCUS FAECALIS (Fahrizal , 2016)

PENGARUH EKSTRAK DAUN SALAM (SYZYGIUM POLYANTHUM) TERHADAP DAYA TETAS TELUR IKAN BANDENG (CHANOS CHANOS) (Musaddaq, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy