//

STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK PEMENANGAN PILPRES 2014 DI BANDA ACEH (STUDI TERHADAP TIM SUKSES JOKO WIDODO-JUSUF KALLA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MAULIDIA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini mengenai strategi komunikasi politik pemenangan Pilpres 2014 di Banda Aceh (studi terhadap tim sukses Joko Widodo-Jusuf Kalla). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi politik yang dilakukan oleh tim sukses Joko Widodo-Jusuf kalla dan tantangan yang dihadapi oleh tim sukses dalam pemenangan Joko Widodo-Jusuf Kalla di Banda Aceh. Dasar-dasar teori yang menjadi acuan dalam penelitian ini adalah teori marketing politik (political marketing). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan tim sukses Jokowi -JK di Banda Aceh yang berjumlah 9 (sembilan) informan ditambah 4 (empat) informan tambahan dan dokumentasi. Dalam penelitian ini ditemukan lima strategi yang digunakan oleh tim sukses yaitu: pertama penggunaan media massa, kedua volunteer (relawan), ketiga mengadakan pertemuan dialogis dan debat, keempat door to door campaign, kelima Jokowi, JK dan tokoh lokal efek. Sedangkan tantangan atau kendala yang dihadapi dalam implementasi strategi komunikasi politik adalah kurangnya koordinasi antar tim pemenangan, partisipasi aktif dari PDIP perjuangan, durasi waktu kampanye yang sempit, pengaruh black campaign dan koalisi gemuk vs koalisi ramping. Berdasarkan hasil analisis, tim sukses Jokowi -JK di Banda Aceh lebih mengedepankan strategi puss political marketing, sedangkan pull dan pass political belum dijalankan secara optimal. Hasil penelitian ini memperlihatkan bagaimana strategi komunikasi politik dengan pendekatan marketing politik diterapkan untuk menggalang partisipasi konstituen dan tentunya untuk memenangkan konstestasi politik. Disarankan kepada tim sukses agar dapat mengintegrasikan semua pendekatan marketing politik baik itu pull, push dan pass political marketing untuk mengoptimalkan perolehan suara ketika pemilu berlangsung. Kata Kunci: Strategi komunikasi Politik, Marketing Politik, tim sukses Jokowi -JK, Pilpres 2014

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK TIM SUKSES PEMENANGAN PEMILUKADA (PENELITIAN PADA TIM SUKSES PEMENANGAN PEMILUKADA ACEH SELATAN TAHUN 2013 PASANGAN H.T. SAMA INDRA, SH – KAMARSYAH, S.SOS, MM) (Dara Yuliasari, 2014)

PENGARUH ISU KEPEMILIKAN LAHAN TERHADAP PEROLEHAN SUARA PRABOWO SUBIANTO PADA PILPRES 2019 (SUATU KAJIAN PADA PILPRES 2019 DI ACEH TENGAH) (ITAWARNI, 2020)

STRATEGI PEMERINTAH ACEH MENJADIKAN ACEH SEBAGAI PUSAT POROS MARITIM DI WILAYAH BARAT INDONESIA (M.haekal Dwi Putra, 2018)

STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK PARTAI POLITIK PENDUKUNG HM JAMIN IDHAM-CHALIDIN OESMAN DALAM PEMENANGAN PEMILUKADA DI NAGAN RAYA (INTAN ZIHNIA SYATIRA, 2019)

ANALISIS PANDANGAN TOKOH MASYRAKAT TERKAIT GERAKAN #2019GANTIPRESIDEN DAN KORELASI KEKALAHAN JOKO WIDODO DI KOTA BANDA ACEH (hajrul rahmat, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy