//

POTENSI PRODUKSI BIOETANOL DARI UMBI GADUNG (DIOSCORE HISPIDA DENNST)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang R.A. Chera Ayarizki - Personal Name
SubjectFERMENTATION - FOOD TECHNOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Hukum
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Umbi gadung (Dioscore hispida Dennst) adalah tanaman umbi-umbian yang termasuk kedalam golongan sumber pangan dan belum banyak dikenal oleh masyarakat luas. Masyarakat lebih mengenal gadung setelah diolah dalam bentuk keripik, padahal gadung sebagai salah satu komoditas mempunyai prospek cukup baik. Gadung mengandung pati yang cukup tinggi, maka dari itu gadung dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku utama pembuatan bioetanol. Mengingat Bioetanol bukan hanya mampu menggantikan peran bahan bakar, tapi juga dapat menghasilkan produk lain seperti parfum, dan obat-obatan. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui potensi umbi gadung sebagai bahan baku dalam produksi bioetanol yang dilakukan empat tahap yaitu pembersihan, pembuatan bubur pati, fermentasi, dan destilasi menggunakan gadung yang disserut, dimana pengujian dengan 3 perlakuan yang berbeda yaitu komposisi gadung dan air 1:3, 1:4, dan 1:5 dilakukan 2 kali ulangan. Tahapan penelitian meliputi pengumpulan data dan analisis terhadap kadar air, kadar pati, pH, rendemen destilasi, dan kadar alkohol. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa gadung berpotesi sebagai bahan baku bioetanol dengan variasi komposisi gadung dan air 1:4 sebagai perlakuan yang memperoleh nilai etanol paling baik yaitu 17,93%, rendemen detilasi 0,09%, dan pH ebelum fermentasi 5,50 serta pH setelah fermentasi 4,40. Hal ini menunjukkan pH dalam keadaan optimum. Kata Kunci: bioetanol, fermentasi, gadung, khamir, destilasi

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ISTUDI ETNOBOTANI TUMBUHAN GADUNG (DIOSCOREA SPP.) PADA MASYARAKAT LOKAL SEKITAR HUTAN DI KABUPATEN ACEH SELATAN (Tia Russita, 2020)

INVENTARISASI DAN STUDI ETNOBOTANI TUMBUHAN GADUNG (DIOSCOREA SPP.) DI KABUPATEN ACEH UTARA (Hanny Herzegovina, 2015)

EKSTRAKSI DAN KARAKTERISASI INULIN DARI UMBI GADUNG (DIOSCOREA ALATA) DAN UJI AKTIVITASNYA SEBAGAI PREBIOTIK (Aklima, 2019)

PENGERINGAN SAWUT UMBI GADUNG (DIOSCOREA HISPIDA DENNST) MENGGUNAKAN PENGERINGAN KABINET DENGAN SUMBER ENERGI BIOMASSA (Yulita Hairina, 2014)

PRODUKSI BIOETANOL DARI TEPUNG JANENG (DIOSCOREA HISPIDA DENNTS) DENGAN METODE ENZIMATIK (SEPARATE HYDROLYSIS AND FERMENTATION (SHF) AND SIMULTANEOUS SACCHARIFICATION AND FERMENTATION (SSF) MENGGUNAKAN ISOLAT LOKAL (IRMAYADANI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy