//

KAJIAN PEMELIHARAAN DAN PERAWATAN BANGUNAN GEDUNG AULA UTAMA ASMARA HAJI BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sayed Akmal - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kegiatan pemeliharaan dan perawatan bangunan gedung sangat berguna untuk menjaga fungsi dari bangunan tersebut agar berjalan sesuai dengan yang direncanakan, sehingga dapat meminimalkan pengeluaran yang lebih besar akibat pergantian elemen-elemen baru. Begitupun dengan gedung Aula Utama Asrama Haji Banda Aceh yang merupakan salah satu dari beberapa bangunan gedung yang terdapat pada gedung asrama haji, yang mana juga sebagai bangunan negara dimana kegiatan pemeliharaan yang harus mengikuti persyaratan keandalan bangunan gedung negara yang telah ditetapkan pada Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No.24/PRT/M/2008 pasal 4 ayat (2). Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan Permen Pu dalam menjaga keandalan bangunan gedung terhadap kondisi bangunan saat ini, dan faktor-faktor apa yang kurang keberadaannya, serta biaya terhadap perbaikan kerusakan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan Permen PU terhadap kegiatan pelaksanaan kegiatan pemeliharaan dan perawatan gedung Aula Utama Asrama Haji Banda Aceh dalam menjaga keandalan bangunan gedung, serta untuk mengetahui faktor-faktor manajemen apa aja yang kurang keberadaannya dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, dan untuk mengetahui seberapa besarkah biaya untuk perbaikan terhadap kerusakan tersebut. Metode penelitian dilakukan dengan 3 tahap, yaitu tahap pengumpulan data, pengolahan data dan tahap analisis data. Pengumpulan data berupa peninjauan hasil kegiatan pemeliharaan apakah sudah mengarah atau belum dengan melakukan penilaian kondisi bangunan dan wawancara dengan pengelola gedung. Tahap analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil analisis gedung Aula Utama Asrama Haji terhadap aspek keselamatan, kesehatan, kenyamanan, dan kemudahan secara keseluruhan sudah termasuk dalam kategori sedang. Kerusakan yang dominan terjadi adalah kerusakan kategori sedang, rekomendasi yang diberikan yaitu pelaksanaan rehabilitasi bangunan gedung terutama pada plafon dan keretakan pada dinding serta total perbaikan untuk kerusakannya sebesar Rp. 6.059.020. Sedangkan faktor-faktor manajemen yang paling kurang keberadaanya adalah faktor keuangan, dan pegawai yang kompeten dalam bidang masing-masing. Kata kunci : kajian, pemeliharaan, perawatan, gedung, Aula Utama Asrama Haji.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN KONDISI PEMELIHARAAN DAN PERAWATAN PADA GEDUNG SEKOLAH DASAR NEGERI 20 BANDA ACEH (I. Moch Najibullah, 2016)

EVALUASI KEGIATAN PEMELIHARAAN DAN PERAWATAN BANGUNAN GEDUNG NEGARA (STUDI KASUS PADA BANGUNAN GEDUNG SMKN 3 BANDA ACEH) (Miftahul Jannah, 2013)

IDENTIFIKASI KERUSAKAN DAN ESTIMASI BIAYA PERAWATAN GEDUNG JURUSAN TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (PUTRI SARAH RASEUKY, 2020)

ESTIMASI BIAYA OPERASIONAL DAN PEMELIHARAAN GEDUNG A FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Nurul Hilda, 2020)

PERENCANAAN BIAYA PEMELIHARAAN DAN PERAWATAN BANGUNAN GEDUNG FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SAMUDRA LANGSA (IRMALIA, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy