PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH


Pengarang

Maria Ulfa - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106103040089

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata kunci: LKPD, Metode Inkuiri Terbimbing, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan.


Penelitian yang berjudul “Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Aktivitas Peserta Didik dan Hasil Belajar pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI SMA Negeri 8 Banda Aceh” yang bertujuan untuk memperoleh LKPD berbasis inkuiri terbimbing, mengetahui respon guru, peserta didik terhadap LKPD berbasis inkuiri terbimbing dan aktivitas peserta didik beserta hasil belajar pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan yang telah dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA 2 SMA Negeri 8 Banda Aceh yang berjumlah 30 orang, guru kimia SMA Negeri 8 berjumlah 3 orang. Pengambilan subjek peserta didik kelasXI MIA 2 SMA Negeri 8 Banda Aceh berdasarkan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket respon peserta didik, guru dan lembar observasi. Angket tanggapan terhadap LKPD yang diterapkan diberikan kepada peserta didik dan guru. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persentase validasi dosen terhadap LKPD adalah 89,33%. Hasil tanggapan positif peserta didik dan guru terhadap pengembangan LKPD berbasis inkuiri terbimbing adalah mencapai 91,25% dan 95,83%. Berdasarkan hasil validasi LKPD, tanggapan peserta didik dan guru, maka LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang telah dikembangkan dapat dikatakan sudah layak digunakan. Lembar observasi dilakukan pada pertemuan pertama dan kedua. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas peserta didik dari pertemuan pertama kepertemuan kedua yaitu 3,33 menjadi 3,35. Hasil belajar peserta didik dengan mengunakan LKPD berbasis inkuiri terbimbing secara klasikal mencapai ketuntasan mencapai 92%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran tentang materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan dengan menggunakan LKPD berbasis inkuiri terbimbing dapat menumbuhkan aktivitas peserta didik.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK