//

KEARIFAN LOKAL DAN KEBERLANJUTAN EKOLOGISPADA MASYARAKAT DI KECAMATAN TRIPA MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DEVI INTAN CHADIJAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemaknaan dan pemahaman masyarakat terhadap hutan, serta bagaimana perubahan tindakan sosial-budaya (kearifan lokal) masyarakat mempengaruhi keberlanjutan ekologis di Kecamatan Tripa Makmur. Skripsi ini menggunakan penelitian jenis kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam. Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, yakni teknik yang dipakai dengan mengacu kepada tujuan serta target dari penelitian ini sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemaknaan masyarakat Tripa Makmur terhadap hutan dahulu dan sekarang terjadi perbedaan. Pemaknaan yang berbeda tersebut menyebabkan terjadinya perubahan pola perilaku serta tindakan masyarakat dalam mengfungsikan hutan. Tindakan ini dipengaruhi oleh pengalaman, nilai, dan norma masyarakat terhadap hutan yang didapat melalui sosial budaya masyarakat yang tumbuh dan berkembang, ekonomi dan kepentingan lingkungan. Adapun kemudian perubahan tindakan sosial budaya (kearifan lokal) yang terjadi tersebut berdampak pada keberlanjutan ekologis. Perubahan aktivitas terhadap hutan memiliki dampak positif dan negatif. Pada satu sisi, dalam jangka pendek, hutan menjadi sumber kehidupan masyarakat. Pada sisi lain, dan dalam jangka panjang, ada kecenderungan terbentuk pribadi yang individualistik dikalangan masyarakat. Melemahnya fungsi adat dan kearifan kolektif peulara uteun menyebabkan keberlanjutan ekologis hutan menjadi rusak dan terganggu.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STRATIFIKASI HABITAT DAN KEANEKARAGAMAN BURUNG DI EKOSISTEM SPESIFIK RAWA GAMBUT TRIPA GAMPONG BABAH LUENG, TRIPA MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA (M AMIN, 2017)

PERILAKU SADAR GIZI IBU RUMAH TANGGA DI DESA SERBAGUNA KECAMATAN DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA (Nova DianSari EkaNingsih, 2016)

ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI PADI SIEGUPAI DI KECAMATAN DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA (Syukrina, 2021)

PERKEMBANGAN MUSIK TERBANGAN DI DESA SERBAJADI KECAMATAN DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA (FEBI MAHQVIRA, 2020)

KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 DARUL MAKMUR MENULIS DONGENG (Samsul Rizal, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy