//

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS DAN IPA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 LEMBAH SEULAWAH ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SURYATI - Personal Name
SubjectSTUDY METHODS
TEACHING AND LEARNING PROCESS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Hasil belajar siswa sering terdapat perbedaan antara pelajaran yang satu dengan lainnya. Perbedaan hasil belajar disebabkan oleh faktor intern dan ekstern. Begitu juga halnya dalam pembelajaran IPS dan IPA pada kelas VIII SMP kadang-kadang terdapat perbedaan. Atas dasar itulah, maka penulis memilih judul penelitian ini: “Perbandingan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS dan IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Lembah Seulawah Aceh Besar.” Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah perbandingan prestasi belajar mata pelajaran IPS dan IPA siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Lembah Seulawah Aceh Besar. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar mata pelajaran IPS dan IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lembah Seulawah Aceh Besar. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar mata pelajaran IPS dan IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lembah Seulawah Aceh Besar. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk menjadi bahan pertimbangan bagi guru IPS dan IPA dalam meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah. Pengumpulan data skripsi ini menggunakan metode library research (penelitian kepustakaan) dan field research (penelitian lapangan), dengan nara sumber yang terdiri dari guru IPS dan IPA dan siswa SMPN 2 Lembah Seulawah Aceh Besar. Jumlah sampel sebanyak 40 orang siswa kelas VIII SMPN 2 Lembah Seulawah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS tidak lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA pada kelas VIII SMP Negeri 2 Lembah Seulawah. Berdasarkan nilai rata-rata rapor dan hasil perhitungan juga menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar mata pelajaran IPS dengan hasil belajar mata pelajaran IPA. Faktor yang menentukan baik tidaknya hasil belajar siswa ditentukan oleh faktor intern dan ekstern. Faktor intern menyangkut dengan bakat, minat dan intelegensi siswa bersangkutan. Adapun faktor ekstern menyangkut dengan faktor keluarga, sekolah dan masyarakat.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA SMAN 5 TAKENGON (LIANA AGUSTINA, 2019)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI MAN 1 BANDA ACEH (SITI HAJAR, 2019)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN OBSERVATION LEARNING DENGAN QUANTUM TEACHING DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X IS SMA NEGERI 16 BANDA ACEH (NURMANSYAH PUTRA, 2020)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DAN MODEL GUIDED TEACHING PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 1 DARUSSALAM ACEH BESAR (ROMI AHMAINI, 2016)

HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMPN 16 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (ZULFINA FAUZI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy