//

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU MASYARAKAT TERHADAP KEBERADAAN JENTIK NYAMUK DI KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH TAHUN 2011

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SRI WAHYUNI - Personal Name
SubjectMOSQUITOES - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2012

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nyamuk merupakan golongan Artropoda yang berperan sebagai vektor penyakit Artropod-borne disease (penyakit yang ditularkan melalui serangga). Jentik nyamuk Anopheles berperan sebagai pembawa vektor penyakit malaria. Aedes aegypti berperan sebagai vektor penyakit demam berdarah dengue (DBD) dan Culex sp dapat menyebarkan penyakit Japanese Encephalitis (radang otak), dan Filariasis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan, sikap dan perilaku dengan keberadaan jentik nyamuk di Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh Tahun 2011. Design penelitian yang digunakan adalah analitik dengan rancangan cross sectional, penelitian dilaksanakan di bulan Januari 2011 sampai April 2012. Pengambilan sampel dilakukan secara Proporsional/Probability Propotionate to size (PPS). Jumlah responden yang digunakan pada penelitian ini adalah sebanyak 100 orang. Analisa data menggunakan Pearson Chi-Square. Hasil uji Pearson Chi-Square (p< 0,05) didapatkan nilai untuk Pengetahuan (p= 0,05), Sikap (p= 0,03) dan Perilaku (0,07). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan, sikap dan perilaku dengan keberadaan jentik nyamuk di Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh Tahun 2011. Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap dan Perilaku, Keberadaan jentik.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PERILAKU PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK TERHADAP KEBERADAAN JENTIK RNAEDES AEGYPTIPADA MASYARAKAT RNDI KECAMATAN KUTA BARO RNKABUPATEN ACEH BESAR (DESSY ELFIANA, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU MASYARAKAT TERHADAP KEJADIAN DEMAM BERDARAH DENGUE DI DESA LAMPULO, KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH TAHUN 2011 (Liza Muknisa, 2013)

HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU DENGAN PENERAPAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) PADA KELUARGA DI GAMPONG LAMDINGIN KECAMATAN KUTA ALAM BANDA ACEH TAHUN 2013 (Nanda Foenna, S. Kep, 2014)

KEPADATAN JENTIK NYAMUK AEDES SPP DI GAMPONG PEURADA, KECAMATAN SYIAH KUALA, KOTA BANDA ACEH (ARIF GUMILAR, 2018)

HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU MEROKOK DENGAN UPAYA BERHENTI MEROKOK DI WARUNG KOPI KOTA BANDA ACEH (MUHAMMAD FARIS ALFIANTO, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy