//

KEMENTRIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sri Wahyuni - Personal Name

Abstrak/Catatan

KEMENTRIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI 3 AGUSTUS 2015 xvi Halaman, VI Bab, 62 Halaman, 7 Tabel, 1 Skema, 20 Lampiran SRI WAHYUNI 1107101020011 STRATEGI MENINGKATKAN KOMUNIKASI HANDOVER ANTAR SHIFT PADA PERAWAT PELAKSANA DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH ABSTRAK Handover merupakan pemberian informasi dan juga pengalihan tanggung jawab antara perawat shift sebelumnya ke perawat shift selanjutnya mengenai kondisi pasien, status pasien, dan juga menjaga keselamatan pasien. Handover yang benar dilakukan sesuai prosedur yang diterapkan. Dalam pelaksanaan handover yang baik, terdapat strategi-strategi yang diterapkan. Dalam pelaksanaan handover terdapat strategi meningkatkan komunikasi yang dapat membantu proses handover berjalan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat gambaran strategi meningkatkan komunikasi pada handover antar shift perawat pelaksana di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh Tahun 2015. Jenis penelitian ini adalah deskriptif explorative dengan menggunakan desain cross sectional study. Populasi penelitian adalah seluruh perawat pelaksana yang bekerja di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel 66 orang. Alat pengumpulan data berupa kuesioner dalam bentuk dichotomous choice yang terdiri dari 20 pernyataan. Metode analisis data dengan menggunakan analisis univariat. Dari hasil penelitian diperoleh gambaran strategi meningkatkan komunikasi pada handover antar shift perawat pelaksana di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh, strategi penggunaan bahasa yang jelas pada kategori efektif (69,7%), batasan interupsi (57,6%), standarisasi pelaporan (62,1%), aturan pelaksanaan handover (59,1%). Saran bagi perawat pelaksana dalam melakukan proses handover dapat melakukannya dengan baik dan secara efektif karena keselamatan pasien salah satunya di dukung oleh proses handover yang baik dan juga dapat menggunakan teknologi agar proses handover dapat berjalan dengan lebih baik lagi. Kata kunci : Handover, Strategi meningkatkan komunikasi Daftar Bacaan : 8 Buku, 11 Jurnal, 8 Skripsi, (2000-2014)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TINGKAT STRES DAN STRATEGI KOPING PADA MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (RAHMATUR RAUDHA, 2016)

TINGKAT STRES MAHASISWA KEPERAWATAN DALAM MENGHADAPI TOEFL SEBAGAI SYARAT MENGIKUTI UJIAN SKRIPSI DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (CATURI YUNNI NOESIKA, 2016)

GAMBARAN PROSES ADAPTASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (Habibi, 2017)

HUBUNGAN PERILAKU MEROKOK DENGAN INDEKSRNPRESTASI AKADEMIK MAHASISWA DIRNUNIVERSITAS SYIAH KUALA (Ullya Putrija, 2015)

PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN PROFESI NERS DALAM PENERAPAN STANDAR PATIENT SAFETY DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH BANDA ACEH (Sulistiana Putri, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy