//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SMAN 12 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ZAHRATUN RAHMI - Personal Name
SubjectTEACHERS
TEACHING METHODS
STUDENTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Penerapan, Student Facilitator and Explaining, Hasil Belajar, Geografi Penelitian ini tentang penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas X SMAN 12 Banda Aceh. Model pembelajaran student facilitator and exlplaining mendorong siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran dengan mengemukakan pendapatnya melalui bagan atau peta konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Peningkatan hasil belajar siswa kelas X IIS 3 SMAN 12 Banda Aceh dengan penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining; (2) Aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran geografi melalui penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining; (3) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran melalui penerapan model student facilitator and explaining; (4) Respon siswa terhadap model pembelajaran student facilitator and explaining. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IIS 3 yang berjumlah 24 siswa. Teknik analisis data hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa, serta respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran menggunakan rumus persentase. Analisis data keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran berdasarkan skor rata-rata, yaitu skor 3,51-4,00: sangat baik, skor 2,51-3,50: baik, skor 1,51-2,50: sedang, dan skor 1,00-1,50: kurang baik. Temuan penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan, dari 24 siswa terdapat 7 siswa yang tidak tuntas pada siklus I sedangkan pada siklus II hanya 3 siswa yang tidak tuntas. Ketuntasan klasikal meningkat dari 62,5 persen menjadi 87,5 persen. Semua aktivitas guru dan siswa pada siklus II sesuai dengan waktu yang ditetapkan. Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dari kategori cukup menjadi baik pada siklus II dengan skor rata-rata 3,41. Respon siswa terhadap model pembelajaran student facilitator and explaining sangat positif, 83 persen siswa menyatakan pembelajaran menarik dan suasana kelas menyenangkan, serta dapat memperjelas pemahaman siswa tentang materi yang dipelajari dengan persentase 96 persen.

Tempat Terbit Sebastopol, CA
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

THE USE OF STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING STRATEGY IN TEACHING SPEAKING (AN EXPERIMENTAL STUDY AT THE SECOND GRADE STUDENTS OF PRIVATE SENIOR HIGH SCHOOL AL ZAHRAH BIREUEN) (NELLY MURSYIDAH, 2018)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII SMP NEGERI 10 BANDA ACEH (Mega Novita Sari, 2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DIPADUKAN DENGAN TIPE TALKING STICK UNTUK KEAKTIFAN BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TEUNOM KABUPATEN ACEH JAYA (DEVI DARMIYANTI, 2020)

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMA N 8 BANDA ACEH (Juli Melya Sari, 2013)

KETUNTASAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR (Fajriana, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy