//

ANALISIS KERAGAAN SUBSEKTOR PERIKANAN BUDIDAYA DI PROVINSI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DEWI KARLINA BATUBARA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ANALISIS KERAGAAN SUBSEKTOR PERIKANAN BUDIDAYA DI PROVINSI ACEH Dewi Karlina Batubara / Agribisnis Unsyiah ABSTRAK Penelitian ini menganalisis bagaimananakah keragaan subsektor perikanan budidaya di Provinsi Aceh antar waktu berdasarkan jenis kegiatan budidaya serta untuk menganalisis bagaimanakah efisiensi relatif produksi, luas lahan dan jumlah rumah tangga perikanan (RTP) antar kabupaten kota/ sentra produksi di ProvinsiAceh, dengan variabel produksi perikanan budidaya menurut jenis budidaya, produksi perikanan budidaya menurut kabupaten/kota, produksi budidaya udang dan jumlah rumah tangga perikanan (RTP) budidaya di Provinsi Aceh. Penelitian ini dilakukan di Provinsi Aceh. Data yang digunakan adalah data kurun waktu (time series) tahun 1999- 2013 dengan metode analisis Data Envelopment Analysis (DEA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan kondisi kegiatan budidaya perikanan antar waktu dalam hal penyediaan input telah melebihi dari tingkat yang seharusnya, sehingga dapat dikatakan bahwa keadaan pengelolaan perikanan masih di bawah optimal dan melalui analisis DEA ditunjukkan bahwa efisiensi relatif antar waktu berdasarkan jenis kegiatan budidaya menunjukkan bahwa kegiatan budidaya tambak memiliki nilai efisiensi yang tinggi, secara relatif angka efisiensi sebagian besar di atas 82% sedangkan kegiatan budidaya yang mengalami tingkat efisiensi terendah berada pada budidaya sawah dengan nilai efisiensi rata-rata di bawah 0,5. Dan berdasarkan penelitian ini efisiensi relatif produksi, luas lahan dan jumlah rtp budidaya tambak udang terjadi di Kabupaten Aceh Tamiang dan Kabupaten Bireun dengan skor efisiensi 100%. Dan kabupaten/kota yang mengalami tingkat efisiensi terendah berada pada Kota Banda aceh dengan nilai efisiensi 12,6%. Kata kunci : Subsektor Perikanan Budidaya, Data Envelopment Analysis, Efisiensi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS SUBSEKTOR INDUSTRI MANUFAKTUR DI PROVINSI ACEH (Muhammad Maulizarizky, 2015)

ANALISIS KONTRIBUSI SUBSEKTOR PERKEBUNAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI PROVINSI SUMATERA UTARA (FAUZIAH RAMADHANI, 2021)

ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSTRIBUSI SEKTOR PERIKANAN TERHADAP PDRB DI ACEH (Yeni Rima Agustiani, 2016)

PERAN SEKTOR PERTANIAN TERHADAP PEREKONOMIAN DI KABUPATEN GAYO LUES (DENGAN PENDEKATAN SHIFT SHARE DAN LOCATION QUOTIENT) (Afif Fulhaq, 2019)

PEMETAAN SENTRA PRODUKSI KOMODITI ANDALAN PERIKANAN BUDIDAYA DAN PERIKANAN TANGKAP DI NAD (Irma Sari, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy