//

KOMUNIKASI LINTAS BUDAYA DALAM TRADISI PEUSIJUEK PADA MASYARAKAT GAMPONG INDRAPURI, KECAMATAN INDRAPURI, ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rahmat Hidayat - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Komunikasi Lintas Budaya Dalam Tradisi Peusijuek Pada Masyarakat Gampong Indrapuri, Kecamatan Indrapuri, Aceh Besar”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses komunikasi lintas budaya dalam tradisi peusijuek pada masyarakat Gampong Indrapuri dan nilai sosial, budaya, dan agama dalam tradisi peusijuek pada masyarakat Gampong Indrapuri. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori interaksi simbolik yang menyatakan bahwa komunikasi terjadi karena pertukaran lambang-lambang atau simbol-simbol yang memiliki makna tertentu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggambarkan fenomena yang terjadi. Penelitian dilakukan dengan wawancara terstruktur, observasi (pengamatan) dan dokumentasi. Subjek penelitian ini berjumlah enam orang yang memiliki kriteria tertentu yaitu terdiri dari informan utama yaitu empat orang warga Gampong Indrapuri dan informan tambahan yaitu dua orang budayawan. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa proses komunikasi lintas budaya dalam tradisi peusijuek pada masyarakat Gampong Indrapuri terjadi melalui proses akulturasi atau percampuran unsur-unsur budaya Hindu dan unsur-unsur budaya Islam. Unsur-unsur budaya Hindu yang terdapat pada tradisi peusijuek adalah memercikkan air, menaburkan beras, dan sesajian. Unsur-unsur budaya Islam yang terdapat pada tradisi peusijuek adalah doa, silahturrahmi, bersyukur, dan sedekah. Akulturasi Hindu dan Islam dalam tradisi peusijuek tersebut terjadi karena adanya motivasi dan keterbukaan masyarakat dalam mengubah tradisi peusijuek. Tradisi peusijuek bukan hanya sebagai bentuk tradisi ritual saja tetapi juga sebagai bentuk komunikasi masyarakat dalam menjalin hubungan yang lebih baik. Nilai sosial dari tradisi peusijuek ialah dapat mempererat hubungan silahturrahmi masyarakat. Nilai budaya dari tradisi peusijuek adalah sebagai suatu ciri khas atau simbol budaya dari Aceh. Nilai agama dari tradisi peusijuek merupakan sesuatu perbuatan yang tidak sesuai dalam ajaran Agama Islam Kata Kunci : komunikasi lintas budaya, tradisi peusijuek

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

AKULTURASI DALAM TRADISI MEUGANG (STUDI DESKRIPTIF PADA MASYARAKAT GAMPONG JAWA KECAMATAN KUTA RAJA BANDA ACEH) (Astari Mulyana Putri, 2018)

SISTEM PEMASARAN RAMBUTAN DI KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR (Dedi Irwansyah, 2020)

PERSEPSI MASYARAKAT INDRAPURI TERHADAP PENINGGALAN SITUS SEJARAH MESJID TUHA INDRAPURI (Riskiana , 2016)

EFEKTIVITAS PENYULUHAN PERTANIAN TERHADAP PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH DI KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR (AFRINAWATI, 2016)

INTERPRETASI ANOMALI MEDAN MAGNETIK TOTAL PADA SITUS ARKEOLOGI MASJID TUHA INDRAPURI, ACEH BESAR (CUT INTAN KEUMALA, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy