//

TANGGUNG JAWAB PT. PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA DALAM PERJANJIAN JUAL BELI TENAGA LISTRIK TERHADAP KONSUMEN DI KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang VIVI NOVEBRY - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK VIVI NOVEBRY; 2015 TANGGUNG JAWAB PT. PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA DALAM PERJANJIAN JUAL BELI TENAGA LISTRIK TERHADAP KONSUMEN DI KABUPATEN ACEH BESAR Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala (viii, 50) pp., bibl.app (T.HAFLISYAH, S.H., M.Hum.) Perlindungan hukum merupakan segala upaya yang menjamin adanya kepastian hukum untuk memberi perlindungan kepada konsumen. Undang-undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999 merupakan payung yang memperkuat penegakan hukum terhadap pelanggan yang mengalami kerugian akibat adanya pemadaman listrik yang dilakukan oleh PT.PLN. Pasal 29 ayat 1 butir c Undang-undang No.30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan bahwa konsumen berhak mendapat ganti rugi apabila terjadi pemadaman yang diakibatkan kesalahan dan/atau kelalaian pengoperasian oleh pemegang izin penyedia tenaga listrik sesuai dengan syarat yang diatur dalam perjanjian jual beli tenaga listrik. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk menjelaskan tanggung jawab PT. PLN terhadap kerusakan barang elektronik akibat rendahnya tegangan arus listrik yang ditimbulkan dari pemadaman listrik dan untuk menjelaskan upaya hukum apa saja yang dapat dilakukan oleh konsumen terhadap kerusakan barang elektronik akibat rendahnya tegangan arus listrik yang ditimbulkan dari pemadaman listrik oleh PT. PLN. Untuk memperoleh data dalam penulisan skripsi ini dilakukan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan.penelitian kepustakaan dengan mempelajari serta menganalisa peraturan perundang-undangan, buku teks,surat kabar,tulisan ilmiah dan riteratur-literatur yang diunduh dari internet yang ada relefansinya dengan masalah yang dibahas dalam penulisan ini.penelitian lapangan dilakukan dengan mewawancarai Manager PT. PLN dan beberapa konsumen di Peukan Bada Aceh Besar. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa akibat banyaknya pelanggan yang menggunakan arus listrik mengakibatkan pihak PT.PLN kekurangan pasokan listrik yang harus dialiri kepada pelanggannya,dampak dari pemadaman listrik tersebut menyebabkan kerugian terhadap pelanggan serta membuat masyarakat merasa tidak nyaman dalam menggunakan listrik dan merasa resah akibat adanya pemadaman tersebut.dalam hal ini bentuk ganti kerugian yang dilakukan oleh pihak PT.PLN belum sepenuhnya dilakukan kepada pelanggan. Disarankan kepada pihak PT. PLN agar lebih meningkatkan mutu kinerja pelayanan terhadap pelanggan, PT. PLN seharusnya lebih bertanggung jawab atas kerugian pelanggan, dan hendaknya PT.PLN menyediakan suatu lembaga hukum kepada pelanggannya, memberikan pasokan arus listrik yang dibutuhkan pelanggan dengan baik dan benar tanpa adanya pemadaman listrik yang mengakibatkan kerugian terhadap pelanggannya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TANGGUNG JAWAB PT. PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA DALAM PERJANJIAN JUAL BELI TENAGA LISTRIK TERHADAP KONSUMEN DI KABUPATEN ACEH BESAR (VIVI NOVEBRY, 2015)

WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN JUAL BELI TENAGA LISTRIK (SUATU PENELITIAN DI PT PLN (PERSERO), WILAYAH ACEH, RAYON IDI RAYEUK, KABUPATEN ACEH TIMUR) (AYU ALDILA PUTRI, 2016)

WANPRESTASI DALAM JUAL BELI TANAH DAN BANGUNAN (SUATU PENELITIAN DI GAMPONG KAJHU KECAMATAN BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR) (Nashrur Rahman, 2018)

PERLINDUNGAN HUKUM SERTA TANGGUNG JAWAB BAGI PARA PIHAK DALAM PERJANJIAN JUAL BELI BARANG SECARA E-COMMERCE (Desy Ary Setyawati, 2017)

PELAKSANAAN PERJANJIAN JUAL BELI IMPOR BIBIT POHON KURMA ANTARA USAHA DAGANG (UD) NASABE DENGAN DATE PALM DEVELOPMENT LTD DAN AL-WATHBA MARIONNET LLC (IZRA FADIYA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy