//

PERBANDINGAN INTENSITAS ESTRUS SAPI LOKALYANG MENGALAMI INDUKSI ESTRUS DENGAN TERAPI TUNGGAL PROSTAGLANDIN DAN TERAPI KOMBINASI PROGESTERON DAN PROSTAGLANDIN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Enita Febri Pratiwi S.KH - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui persentase dan intensitas estrus sapi lokal yang diinduksi estrus dengan terapi tunggal prostaglandin dan terapi kombinasi progesteron dan prostaglandin. Dalam penelitian ini digunakan 10 ekor sapi lokal dan dibagi menjadi dua perlakuan, masing-masing terdiri atas 5 ekor sapi. Kelompok I, disinkronisasi berahi menggunakan menggunakan PGF2a sebanyak 5 ml secara intramuskular (LutalyseTM, Pharmacia & Upjohn Company, Pfizer Inc.) dengan pola penyuntikan ganda dengan interval 10 hari, sedangkan Kelompok II disinkronisasi berahi menggunakan CIDR-B (Eazi-BreedTM, InterAg, Hamilton, New Zealand) yang diinsersikan ke dalam vagina selama 7 hari dan diikuti dengan penyuntikan PGF2a 5 ml secara intramuskular (LutalyseTM, Pharmacia & Upjohn Company, Pfizer Inc.) pada hari ke-6 sejak CIDR. Pengamatan estrus sebagai respons sinkronisasi dilaksanakan pada saat inseminasi terjadwal yakni ±24 jam setelah pemberian preparat sinkronisasi terakhir. Sapi dengan tanda-tanda estrus primer dan sekunder seperti standing heat, menaiki sapi lain, gelisah, vulva merah dan bengkak, keluarnya mukus serviks, dan penurunan nafsu makan dilakukan skoring pada skala 0-5. Persentase berahi sapi pada Kelompok I dan II adalah sama yakni 100%, sedangkan intensitas berahi masing-masing adalah 4,2+0,84 dan 4,4+0,90. Dapat disimpulkan bahwa sapi lokal yang diinduksi estrus dengan terapi tunggal prostaglandin dan terapi kombinasi dengan progesteron dan prostaglandin menunjukkan respons dan intensitas berahi yang relatif sama.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROFIL HORMON PROGESTERON SAPI ACEH SELAMA SATU SIKLUS ESTRUS (nurhafny, 2014)

PENGARUH PEMBERIAN GONADOTROPIN RELEASING HORMONE (GNRH) MENGIRINGI PROSTAGLANDIN F2 ALFA (PGF2α) TERHADAP PENINGKATAN LEVEL HORMON STEROID PADA SAPI ACEH BETINA (Wulan Justika, 2019)

PROFIL BIOKIMIA DARAH SAPI ACEH SAAT ESTRUS PADA INTENSITAS ESTRUS YANG BERBEDA (AGUNG PRAYOGI, 2019)

KONSENTRASI ESTRADIOL SAPI ACEH YANG DIINDUKSI PREGNANT MARE SERUM GONADOTHROPIN (PMSG)RNDAN FOLLICLE STIMULATING HORMONE (FSH) (M. Rifki, S. KH, 2014)

HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS ESTRUS DENGAN ANGKA KONSEPSI PADA SAPI YANG MENGALAMI INDUKSI ESTRUS DENGAN PROGESTERON DAN PROSTAGLANDIN (Teguh Darianto, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy