//

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK METANOL DAUN SIRIH (PIPER BETLE LINN.) TERHADAP WAKTU HEMOSTASIS LUKA PADA MENCIT (MUS MUSCULUS)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang rizki rahmawan.S.Ked - Personal Name
SubjectBOTANY MEDICAL
TRAUMATOLOGY-MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Luka merupakan suatu kejadian yang sering dialami oleh makhluk hidup. Setelah terjadinya luka maka akan timbul proses pembekuan darah spontan yang disebut dengan hemostasis. Daun sirih (Piper betle Linn.) merupakan tumbuhan yang telah diketahui oleh masyarakat untuk pengobatan seperti mimisan, penyembuhan luka, obat kumur dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak metanol daun sirih (Piper betle Linn.) terhadap waktu hemostasis luka pada mencit (Mus musculus) dengan menggunakan metode eksperimen laboratorium (The Post Test-Only Control Group) rancangan acak lengkap (RAL) yang dibagi dalam 3 kelompok yaitu 1 kelompok kontrol negatif menggunakan aquades, 1 kelompok ekstrak metanol 3% dan 1 kelompok ekstrak metanol 5%, masing-masing kelompok terdiri dari 3 perlakuan. Dalam penelitian ini menggunakan metode Lee- White. Data dianalisis menggunakan metode ANOVA dan dilanjutkan dengan uji Duncan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ekstrak metanol daun sirih bermanfaat dalam hemostasis luka dengan nilai rata-rata kelompok kontrol (120 detik), 3% (45,67 detik) dan 5% (43,67 detik). Kesimpulan dari hasil di atas adalah ekstrak metanol daun sirih dapat mempercepat waktu hemostasis luka pada mencit dan semakin tinggi konsentasi maka semakin cepat pula waktu hemostasis luka. Kata Kunci: luka, hemostasis, Piper betle Linn, Mus musculus

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL DAUN KIRINYUH ( CHROMOLAENA ODORATA L.) TERHADAP PROSES HEMOSTASIS LUKA SUPERFISIAL PADA MENCIT ( MUS MUSCULUS) JANTAN GALUR BALB-C (Randa Andika, 2015)

POTENSI PEMBERIAN EKSTRAK DAUN SIRIH (PIPER BETLE L) SEBAGAI PENGAWET ALAMI IKAN SELAR (SELAROIDES LEPTOLEPIS) (Nona Lia Mentari, 2016)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN BINAHONG (ANREDERA CORDIFOLIA) TERHADAP PROSES PENYEMBUHAN LUKA INSISI (VULNUS INCISIVUM) PADA MENCIT (MUS MUSCULUS) (INES GUSTI PEBRI, 2017)

PENGARUH PEMBERIAN SALAP EKSTRAK DAUN LANTANA (LANTANA CAMARA) UNTUK PERBAIKAN JARINGAN LUKA PADA MENCIT (MUS MUSCULUS) (Cut Habibul, 2015)

PERBANDINGAN EFEK ANTIBAKTERI EKSTRAK DAUN BELIMBING WULUH (AVERRHOA BILIMBI L.) DAN EKSTRAK DAUN SIRIH (PIPER BETLE L.) DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN ENTEROCOCCUS FAECALIS (IASA RIZKY AMALIA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy