//

HUBUNGAN KEAKTIFAN BERORGANISASI DENGAN STRES PADA MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nidha Sari - Personal Name

Abstrak/Catatan

Stres adalah suatu kondisi yang menyebabkan gangguan psikis maupun fisik pada seseorang,stres terjadi karena adanya interaksi antara individu dengan lingkungan. Faktor – faktor penyebab timbulnya stres pada mahasiswa adalah manajemen waktu, masalah finansial, gangguan tidur dan berbagai aktivitas sosial seperti organisasi. Stres pada mahasiswa yang berorganisasi bisa disebabkan oleh ketidakmampuan dalam manajemen waktu untuk mengatur kegiatan akademik maupun kegiatan berorganisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keaktifan berorganisasi dengan stres pada mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan desain cross sectional. Sampel diambil dengan menggunakan teknik probability sampling, pada bulan Juni 2015 didapatkan sampel sebanyak 100 mahasiswa yang memenuhi kriteria penelitian. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner Depression Anxiety and Stress Scale dan Keaktifan Berorganisasi yang diberikan kepada mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 56% mahasiswa mengalami stres akibat berorganisasi. Analisis data menggunakan uji chi-square (p-value=0,045 dan α=0,1). Dari penelitian ini diperoleh hasil terdapat hubungan antara keaktifan berorganisasi dengan stres. Kata kunci : Keaktifan berorganisasi, stres

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA BERDASARKAN KEAKTIFAN BERORGANISASI DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEDOKTERAN PENDIDIKAN DOKTER ANGKATAN 2013 (Suria Kusuma Alam, 2017)

HUBUNGAN KEAKTIFAN BERORGANISASI DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA FISIKA FKIP UNSYIAH ANGKATAN 2016-2017 (NAZIRAH, 2020)

HUBUNGAN STRES DENGAN PERUBAHAN NAFSU MAKAN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (wirdah, 2014)

HUBUNGAN STRES DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Diana Hasmarina, S.Ked, 2015)

PERBANDINGAN TINGKAT STRES ANTARA MAHASISWA SEMESTER III ANGKATAN 2017 DAN SEMESTER VII ANGKATAN 2015 DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (RAUDHATUL JANNAH, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy