//

TINGKAT DEPRESI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fachrul Rozi Ridha Maifa Rahmad - Personal Name
SubjectDEPRESSION (MENTAL STATE) MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2011

Abstrak/Catatan

Depresi adalah kemurungan, patah semangat atau kesedihan yang bisa jadi menandakan adanya gangguan kesehatan. Masalah-masalah yang dihadapi mahasiswa baik yang bersifat akademis maupun non-akademis akan berdampak pada timbulnya gangguan mental emosional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat depresi pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala angkatan 2008. Jenis penelitian ini adalah deskriptif murni dengan total populasi sebanyak 270 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dan sampel yang memenuhi kriteria inklusi sebanyak 207 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan inventory dan analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif. Dari hasil uji didapatkan sebagian besar responden tidak mengalami depresi dengan persentase sebesar 46,4%, depresi ringan 31,4%, depresi sedang 17,4& dan depresi berat sebanyak 4,8%. Institusi pendidikan diharapakan dapat mengarahkan mahasiswa untuk mendapatkan pelayanan konseling dalam usaha mengurangi dan mencegah depresi dikalangan mahasiswa. Kata kunci: depresi, mahasiswa kedokteran

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN TIPE KEPRIBADIAN DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (MISKAH CHAIRANI, 2017)

HUBUNGAN ANTARA DEPRESI, CEMAS, DAN STRES DENGAN SEROSTOMIA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA ANGKATAN 2006-2009 (Nadya Ferina, 2015)

PENGETAHUAN DAN SIKAP MAHASISWA KEPANITERAAN KLINIK SENIOR FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA TENTANG DOKTER LAYANAN PRIMER (MUTHIA RANA ZAHRA, 2017)

TINGKAT LITERASI KESEHATAN MENTAL TENTANG POSTPARTUM DEPRESSION PADA MASYARAKAT DI BANDA ACEH (PUTRI RIZKI ALIANNUR, 2021)

PERBEDAAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA BERDASARKAN KEAKTIFAN BERORGANISASI DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEDOKTERAN PENDIDIKAN DOKTER ANGKATAN 2013 (Suria Kusuma Alam, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy