//

ANALISIS KINERJA REALISASI ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA PEMERINTAH KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang REZA ADISAPUTRA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Berlakunya Undang-undang nomor 32 tahun 2004 tentang pemerintah daerah memberikan kewenangan bagi daerah dalam mengelola keuangannya yang dituangkan dalam APBD. Pengelolaan APBD yang baik harus berjalan secara ekonomis, efektif, dan efisien demi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Banda Aceh ini menggunakan analisis rasio keuangan. Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis kinerja Pendapatan dan Belanja secara ekonomis, efisien, dan efektif Pada Pemerintahan Kota Banda Aceh untuk tahun anggaran 2010-2012. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan unit analisis Laporan Realisasi Anggaran Pemerintahan Kota di Banda Aceh. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder, data sekunder diperoleh dari website, literature dan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian untuk dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kinerja pemerintah Kota Banda Aceh dalam mengelolah pendapatannya belum baik ini dilihat dari varians pendapatan yang menunjukkan belum adanya realisasi pendapatan yang mencapai target. (2) Kinerja pemerintah dalam mengelolah anggaran belanja sudah cukup baik ini dilihat dari tidak adanya realisasi belanja yang melebihi dari yang dianggarkan, hanya saja diketahui bahwa belanja untuk keperluan rutin (operasi) lebih besar daripada belanja pembangunan (modal). Kata Kunci: anggaran, pendapatan, belanja, kinerja keuangan daerah

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH BELANJA MODAL TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN DAMPAKNYA PADA KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (STUDI EMPIRIS PADA PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI ACEH) (Ryanda Saputra, 2014)

PENGARUH VARIAN PENDAPATAN ASLI DAERAH, VARIAN DANA PERIMBANGAN DAN SISA LEBIH PERHITUNGAN ANGGARAN TERHADAP VARIAN BELANJA MODAL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP REALISASI BELANJA MODAL DI INDONESIA ( Laila Murhani Kasdy, 2017)

PENGARUH ALOKASI BELANJA MURNI DAN ALOKASI BELANJA PERUBAHAN TERHADAP SERAPAN ANGGARAN KABUPATEN/KOTA DI ACEH (Soraya Lestari, 2016)

ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH KABUPATEN / KOTA KAWASAN METROPOLITAN MEBIDANGRO TAHUN ANGGARAN 2011-2014 (Moulisa Friana Putri, 2017)

PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, REALISASI PENDAPATAN ASLI DAERAH, REALISASI BELANJA MODAL, DAN PERUBAHAN ANGGARAN PENDAPATAN ASLI DAERAH TERHADAP KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH PADA KABUPATEN DAN KOTA DI ACEH (Nur Majriyati, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy