//

PERSEPSI SISWA DAN GURU TEHADAP KAMPANYE PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH DENGUE DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-AZHAR KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Gita Trisnawati - Personal Name
SubjectDEUNGUE FEVER
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Demam berdarah dengue (DBD) merupakan penyakit infeksi virus menular yang perlu diperhitungkan. DBD memiliki angka persentase kesakitan dan kematian yang cukup tinggi di dunia. Salah satu masalah terbesar saat ini adalah belum ditemukannya vaksin yang dapat mencegah DBD. Namun berbagai upaya pencegahan DBD dapat dilakukan salah satunya dengan cara kampanye pencegahan DBD di sekolah-sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa dan guru sekolah dasar terhadap kampanye pencegahan DBD. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deep interview. Analisis dilakukan secara deskriptif menggunakan content analysis dengan model Miles dan Huberman. Dari 14 hasil wawancara didapatkan beberapa tema diantaranya: 1) Sebagian besar siswa dan guru telah memahami tujuan dan manfaat kampanye pencegahan DBD, 2) Upaya pencegahan DBD telah dilakukan siswa dan guru baik di lingkungan rumah maupun sekolah, 3) Model kampanye pencegahan DBD dirasa menyenangkan, materi yang mudah dipahami, pemateri yang sudah berkompeten walaupun masih dibutuhkan dokter dan petugas kesehatan lain untuk melanjutkan kampanye pencegahan DBD secara teratur, 4) Fasilitas dan media kampanye pencegahan DBD yang sudah memadai. Dari berbagai aspek evaluasi dapat disimpulkan bahwa kampanye pencegahan DBD sudah berjalan sesuai dengan harapan namun untuk peningkatan kualitas kampanye kedepannya masih diperlukan beberapa perbaikan. Kata kunci: demam berdarah dengue (DBD), kampanye pencegahan DBD, persepsi siswa dan guru

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEPADATAN LARVA NYAMUK AEDES SPP SEBAGAI VEKTOR PENYEBAB DEMAM BERDARAH DENGUE KUALA BANDA ACEH (Rafiatul Ichwani, 2018)

TINDAKAN MASYARAKAT DALAM PENCEGAHAN PENYAKIT DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD)DI GAMPONG RUKOH KECAMATAN SYIAH KUALA (Ernarita, 2015)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP TINDAKAN PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH DENGUE PADA MASYARAKAT DI KECAMATAN BAITURRAHMAN (Azka Muda Adri, 2016)

PERSEPSI SISWA DAN GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP KAMPANYE DEMAM BERDARAH DENGUE DI SEKOLAH DASAR NEGERI 10 DESA PANTERIEK KECAMATAN LUENG BATA KOTA BANDA ACEH (CUT MADONG ISHAK, 2016)

PENGETAHUAN, SIKAP, DAN TINDAKAN IBU-IBU RUMAH TANGGA PADA SAAT PRA BENCANA WABAH PENYAKIT DEMAM BERDARAH DENGUE DI KOTA BANDA ACEH (NELLY SUSANTY, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy