//

HUBUNGAN PENYAKIT KARIES GIGI DENGAN STATUS GIZI SISWA DI SD NEGERI 15 TIBANG BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Meita Mahalia - Personal Name
SubjectCARIES - DENTISTRY
NUTRITION - ELEMENTARY EDUCATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Karies Gigi, Status Gizi Penelitian ini berjudul “Hubungan Penyakit Karies Gigi Dengan Status Gizi Siswa di SD Negeri 15 Tibang Banda Aceh”.Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan penyakit karies gigi dengan status gizi siswa di SD Negeri 15 Tibang Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan Metode survey dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan data dilaksanakan pada tanggal 1-3 Desember 2012. Sumber data adalah siswa kelas IV, V dan VI SD Negeri 15 Tibang Banda Aceh, yang berjumlah 42 siswa. Parameternya adalah dengan memeriksa ada tidaknya karies gigi dan mengukur tinggi dan berat badan anak untuk melihat status gizi anak. Data dianalisis dengan menggunakan rumus Chi-Kuadrat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang menderita penyakit karies gigi dengan status gizi kurang berada dalam kategori tinggi yaitu sebanyak 31 siswa (73,80%), yang menderita karies gigi dengan status gizi baik yaitu sebanyak 5 siswa (11,90%), yang tidak menderita karies gigi dengan status gizi kurang yaitu sebanyak 2 siswa (4,76%), dan yang tidak menderita karies gigi dengan status gizi baik yaitu sebanyak 4 siswa (9,52%). Hasil uji statistik dengan menggunakan chi-kuadrat dengan α=0,05 diperoleh nilai chi kuadrat hitung adalah 5,662 berarti dikatakan ada hubungan (Ha=diterima). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara karies gigi dengan status gizi anak sekolah dasar di SD Negeri 15 Tibang Banda Aceh tahun 2012.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KARIES GIGI (INDEKS DMF-T) DENGAN STATUS GIZI PADA ANAK USIA 11-12 TAHUN DI MIN MESJID RAYA BANDA ACEH 2011. (Widya Wati Sofiana, 2015)

GAMBARAN STATUS KARIES PADA ANAK SDN 17 PEULANGGAHAN KOTA BANDA ACEH (Aminah Idris, 2015)

GAMBARAN STATUS KARIES GIGI (INDEKS DMF-T) PADA PASIEN THALASEMIA BETA MAYOR DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Reka Oktiana Dewi, 2017)

HUBUNGAN KEHILANGAN GIGI TERHADAP STATUS GIZI USIA LANJUT DI UPTD RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH (Fenisulya Dewi, 2015)

PERHITUNGAN TINGKAT KARIES PADA ANAK DENGAN MENGGUNAKAN INDEKS DMFT DAN SIGNIFICANT CARIES INDEX (INDEKS SIC) (STUDI PADA SISWA SMP IT NURUL ISLAH BEURAWE BANDA ACEH) (Muhammad Chaldun, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy