//

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK KASAR DAUN TEMBAKAU (NICOTIANA TOBACUM L) TERHADAP TINGKAT KELUMPUHAN CACING THELAZIA SP. PADA SAPI BALI DI DESA UBUNG KECAMATAN JONGGAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH TAHUN 2013

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Takwim - Personal Name

Abstrak/Catatan

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK KASAR DAUN TEMBAKAU (Nicotiana tobacum L) TERHADAP TINGKAT KELUMPUHAN CACING Thelazia sp. PADA SAPI BALI DI DESA UBUNG KECAMATAN JONGGAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH Oleh (Muhammad Taqwim) 611. 08. 005 ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak kasar daun tembakau terhadap cacing Thelazia sp. Dalam pembuatan ekstrak, daun tembakau yang sudah kering dibuat dalam bentuk serbuk, kemudian disaring untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sebanyak 100 g tembakau dilarutkan dalam 100 ml pelarut. Untuk mendapatkan konsentrasi 0,4 %, sebanyak 10 ml ekstrak kasar daun tembakau ditarik menggunakan spuit atau Pipet pasteur lalu dimasukkan dalam glass ukur dan dilarutkan dalam pelarut aquades sebanyak 250 ml didalam Erleen mayer. Kemudian dilakukan perendaman dengan menggunakan air aquades selama 3 x 24 jam. Selanjutnya ekstrak tersebut dipisahkan dalam spuit atau botol Insto bekas dengan dosis 0,5 ml. Sebanyak 20 ekor sapi Bali jantan yang terinfeksi secara alami, berumur 1 – 2 tahun dibagi secara acak. Pengambilan sampel cacing dilakukan sebanyak 2 kali yaitu sampel pertama sebagai kelompok individu kontrol dengan kelompok individu perlakuan. Perbedaan jumlah cacing diperoleh dengan menghitung jumlah cacing antara kelompok individu control dengan kelompok individu perlakuan yaitu diberikan ekstrak kasar daun tembakau dengan dosis 0,5 ml/bola mata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ekstrak kasar daun tembakau dengan konsentrasi sebanyak 0,4% dan dengan dosis 0,5 ml/bola mata menunjukkan angka yang signifikan P

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK LIMBAH TULANG DAUN TEMBAKAU (NICOTIANA TABACUM L.) TERHADAP MORTALITAS DAN TINGKAH LAKU LARVA (AEDES AEGYPTI L) SEBAGAI BIOLARVASIDA (Khairani Fitrah, 2019)

PENGARUH PEMBERIAN GONADOTROPIN RELEASING HORMONE (GNRH) TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS SPERMATOZOA SAPI BALI (FEBY CLAUDIA SIRAIT, 2019)

PEMANFAATAN EKSTRAK TANAMAN TEMBAKAU (NICOTIANAE TOBACUM L) SEBAGAI PESTISIDA ORGANIK UNTUK PENGENDALIAN HAMA KEONG MAS (POMACEACE CANALICULARA L ) DI KAWASAN PERSAWAHAN GAMPONG TUNGKOP ACEH BESAR (Nova Emiliani, 2016)

PERBANDINGAN LUAS RONGGA PELVIS SAPI ACEH INDUKAN DAN SAPI BALI INDUKAN DI ACEH BESAR (Dara Aftika Nasution, 2017)

KEBERHASILAN INSEMINASI BUATAN (IB) MENGGUNAKAN SEMEN BEKU SAPI BALI, SIMENTAL DAN LIMOSIN PADA AKSEPTOR SAPI ACEH DI KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Nanda Balia Tarmizi, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy