//

PENGAMATAN LESI MAKROSKOPIS DAN HUBUNGANNYA DENGAN KEBERADAAN MIKROBA PADA HATI AYAM BROILER YANG DIJUAL DI PASAR TRADISIONAL LAMBARO, ACEH BESAR PENGAMATAN LESI MAKROSKOPIS DAN HUBUNGANNYA DENGAN KEBERADAAN MIKROBA PADA HATI AYAM BROILER YANG DIJUAL DI PASAR TRADISIONAL LAMBARO, ACEH BESAR PENGAMATAN LESI MAKROSKOPIS DAN HUBUNGANNYA DENGAN KEBERADAAN MIKROBA PADA HATI AYAM BROILER YANG DIJUAL DI PASAR TRADISIONAL LAMBARO, ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang TAPIELANIARI. S.KH - Personal Name

Abstrak/Catatan

PENGAMATAN LESI MAKROSKOPIS DAN HUBUNGANNYA DENGAN KEBERADAAN MIKROBA PADA HATI AYAM BROILER YANG DIJUAL DI PASAR TRADISIONAL LAMBARO, ACEH BESAR ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara adanya lesi makroskopis dengan keberadaan mikroba pada hati ayam broiler. Sampel ayam broiler diperoleh di pasar lambaro aceh besar dengan memilih 5 hati ayam normal dan hati ayam yang mengalami lesi untuk dilakukan uji mikrobiologis di laboratorium kesmavet. Hati diambil seberat 25 gr, kemudian distomaker untuk mendapatkan ekstrak pengencerannya. Selanjutnya dilakukan uji mikrobiologis, pengamatan dilakukan selama 24 jam dengan menghitung koloni per cawan petri. Parameter penelitian adalah lesi makroskopis dan jumlah mikroba yang terdapat pada hati ayam broiler. Hasil pengamatan dianalisis secara deskriftif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan hasil sampel hati ayam normal berkisar antara 1,3 x 10² Cfu/ml sampai 2,3 X 10³ Cfu/ml, sedangkan sampel hati yang mengalami lesi berkisar antara 3,1 X 104 Cfu/ml sampai 1,2 X 107 Cfu/ml. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hati yang mengalami lesi cenderung memiliki jumlah mikroba yang lebih tinggi dibandingkan dengan hati yang normal.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN JUMLAH MIKROBA PADA MUSCULUS PECTORALIS YANG MENGALAMI MEMAR (BRUISES)DENGAN YANG NORMAL DARI AYAM BROILER DI PASAR LAMBARO ACEH BESAR. (WULAN WINDASARI, 2015)

DETEKSI KANDUNGAN FORMALIN PADA DAGING AYAM BROILER (GALLUS DOMESTICUS) DI PASAR KOTA BANDA ACEH (Rizki Wulandari, 2015)

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI ESCHERICHIA COLI DAN STAPHYLOCOCCUS AUREUS PADA KEUMAMAH YANG DIJUAL DI PASAR TRADISIONAL LAMBARO ACEH BESAR (Liza Ummamie, 2017)

PERBANDINGAN INFEKSI SALMONELLA SP. PADA AYAM KAMPUNG DAN BROILER YANG DI POTONGDI PASAR LAMBARO ACEH BESAR (ULFAH DIYANA, 2021)

PENGUJIAN RESIDU ANTIBIOTIK PADA DAGING AYAM BROILER YANG DIJUAL DI PASAR TRADISIONAL DAN PASAR MODERN (SWALAYAN) DI KOTA BANDA ACEH (Ovi Juliana, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy