//

PENGARUH PENCELUPAN KARKAS AYAM PEDAGING DALAM LARUTAN ASAM SITRAT DAN ASAM ASETAT TERHADAP ANGKA LEMPENG TOTAL ESCHERICHIA COLI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sandy Cakra Yuda - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pencelupan karkas ayam pedaging dalam larutan asam sitrat 3% dan asam asetat 3% serta kombinasi keduanya masingmasing 1,5% terhadap angka lempeng total bakteri E. coli. Penelitian ini menggunakan delapan karkas ayam pedaging belahan dua dibagi empat kelompok perlakuan dengan dua kali pengulangan dan tiga kali waktu pengamatan yaitu jam ke 0, 4, dan 8 setelah pencelupan. Perlakuan kontrol (K0) yaitu tanpa pencelupan, perlakuan pertama (K1) karkas daging ayam dicelupkan dalam larutan asam asetat 3%, perlakuan kedua (K2) dicelupkan dalam larutan asam sitrat 3%, dan perlakuan ketiga (K3) dicelupkan dalam larutan kombinasi asam asetat 1,5% dan asam sitrat 1,5%. Setiap perlakuan diamati pada jam ke 0, 4 dan 8. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan empat perlakuan dan tiga waktu pengamatan. Data dianalisis dengan analisis varian (ANAVA). Rata-rata ALT E. coli setelah perlakuan K0 (6,3 ± 0,09), K1 (5,9 ± 0,21), K2(5,8 ± 0,13) dan K3 (5,8 ± 0,06). Rata-rata ALT E. coli pada waktu pengamatan 0 jam (5,4 ± 0,16), 4 jam (6,1 ± 0,08), 8 jam (6,2 ± 0,12). Hasil analisis statistik menunjukkan pencelupan karkas ayam pedaging dalam larutan asam asetat dan asam sitrat berpengaruh nyata (P

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DEKONTAMINASI BAKTERI PADA KARKAS AYAM PEDAGING MENGGUNAKAN ASAM ASETAT DAN ASAM SITRAT TERHADAP ANGKA LEMPENG TOTAL BAKTERI DAN CAMPYLOBACTER SP. (Zalhendra Eka Putra, 2014)

PRODUKSI ASAM SITRAT DARI ASPERGILLUS NIGER MENGGUNAKAN MEDIA KULIT PISANG (Aulia Maktsum, 2016)

ANGKA PREVALENSI CEMARAN BAKTERI ESCHERICHIA COLI PADA TANGAN PEDAGANG DAGING AYAM BROILER DI DUA PASAR TRADISIONAL KOTA BANDA ACEH (PANI NOVELIANI LUBIS, 2020)

PENINGKATAN KUALITAS KARKAS AYAM LOKAL PEDAGING UNGGUL (ALPU) MELALUI PEMBERIAN PAKAN FERMENTASI DENGAN PENAMBAHAN MULTI ENZIM PENCERNAAN DAN PROBIOTIK (Fita Ridhana, 2016)

JUMLAH CEMARAN ESCHERICHIA COLI PADA TELUR AYAM DARI WARUNG KOPI DI KECAMATAN SYIAH KUALA (Maikel Tio Rezky Napitupulu, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy