//

EFIKASI SALAP GETAH JARAK PAGAR (JATROPHA CURCAS, L) TERHADAP PENYEMBUHAN LUKA SAYAT PADA KULIT MENCIT (MUS MUSCULUS)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ZENI SUKRI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan mengetahui efikasi salap getah jarak pagar (Jatropha curcas, L) terhadap penyembuhan luka sayat pada kulit mencit (Mus musculus). Penelitian mengunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan tiga kelompok perlakuan dan empat kali ulangan. Sebanyak 12 ekor mencit jantan, dengan berat badan 30-40 gr diadaptasikan selama 7 hari di dalam kandang percobaan dengan pemberian pakan komersil dan minum secara ad libitum. Pada hari ke-8 dilakukan pembuatan luka insisi pada daerah punggung sepanjang 2 cm. Luka dirawat sehari dua kali pada pukul 08.00 WIB dan 18.00 WIB. Pada kelompok kontrol (KI) dioleskan vaseline putih, kelompok perlakuan (KII) dioleskan salap getah jarak 10%, dan pada kelompok perlakuan (KIII) dioleskan salap getah jarak 20% sampai luka sembuh. Rata-rata penyembuhan pada KI, KII, dan KIII adalah 9,75 ± 0,75 ; 7,50 ± 0,50 ; dan 6,75 ± 0,75. Hasil uji ANAVA menunjukkan ada pengaruh yang sangat nyata (P

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFIKASI SALAP GETAH JARAK PAGAR (JATROPHA CURCAS, L) TERHADAP PENYEMBUHAN LUKA SAYAT PADA KULIT MENCIT (MUS MUSCULUS) (ZENI SUKRI, 2015)

EFIKASI KRIM GETAH JARAK PAGAR (JATROPHA CURCAS L.) TERHADAP EPITELISASI PENYEMBUHAN LUKA SAYAT KULIT MENCIT (MUS MUSCULUS) (Moma Silvia, 2017)

EFIKASI KRIM GETAH JARAK PAGAR (JATROPHA CURCAS L.) TERHADAP JUMLAH LEUKOSIT PADA FASE INFLAMASI PENYEMBUHAN LUKA SAYAT KULIT MENCIT (MUS MUSCULUS) (MITA NASUHA RISKY, 2020)

EFIKASI SALAP GETAH JARAK PAGAR (JATROPHA CURCAS, LINN) TERHADAP PENYEMBUHAN LUKA BAKAR DERAJAT II PADA KULIT MENCIT (MUS MUSCULUS) (Munawir Sajali, S.KH, 2015)

STRUKTUR MIKROSKOPIK KULIT MENCIT (MUS MUSCULUS) PASCA PENYEMBUHAN LUKA SAYAT DENGAN KRIM GETAH JARAK PAGAR (JATROPHA CURCAS L) (Hariska Andriani, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy