//

HUBUNGAN LAMA TINGGAL DI PANTI DENGAN DEPRESI PADA LANJUT USIA DI RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Adelya Suherlin - Personal Name
SubjectDEPRESSION-MEDICINE
OLDERS PERSON
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Proses menua merupakan tahap akhir siklus hidup manusia yang ditandai oleh berbagai kemunduran meliputi kemunduran fisik, psikis dan sosial yang berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan mental pada lanjut usia. Depresi merupakan gangguan kesehatan mental yang paling sering terjadi pada kelompok lanjut usia dan meningkat drastis pada lanjut usia yang berada di panti jompo dengan persentase tertinggi ditemukan pada lanjut usia yang melewati tahun- tahun pertamanya di panti jompo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara lama tinggal di panti dengan depresi pada lanjut usia di Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang Ulee Kareng Kota Banda Aceh. Jenis penelitian adalah analitik dengan desain cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan secara total sampling melibatkan 44 responden dan menggunakan kuesioner MMSE serta Geriatric Depresion Scale (GDS-15). Rentang lama tinggal di panti pada penelitian ini adalah 1-324 bulan yang dibagi menjadi 8 kategori. Hasil penelitian menunjukkan 33 orang depresi dan 11 orang tidak depresi, dengan rincian 56,8% depresi ringan dan 18,2% depresi sedang. Hasil uji statistik Spearman menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara lama tinggal di panti dengan depresi pada lanjut usia dengan p value 0,001. Usia lanjut yang paling banyak mengalami depresi adalah kelompok usia 75-90 tahun (85,7%), perempuan (78,1%), tingkat pendidikan SLTP (83,3%) dan lama tinggal selama 6 bulan pertama (100%). Kata Kunci : Depresi, Lanjut Usia, Lama Tinggal, Panti Jompo

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN TINGKAT DEPRESI PADA LANJUT USIA YANG TINGGAL DI PANTIRUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG DENGAN YANG TINGGAL BERSAMA KELUARGA DI DESA LAMGLUMPANG KOTA BANDA ACEH (Megawati Putri Bancin, 2014)

ADAPTASI SOSIAL LANSIA DI PANTI JOMPO UPTD RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG GAMPONG LAMGLUMPANG KECAMATAN ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH (NANDA MUSTIKE, 2018)

GAMBARAN PERIODONTITIS KRONIS PADA USIA LANJUT DI UPTD RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH (Rauzha Wulana Cindy, 2016)

KONDISI PSIKOLOGIS LANSIA YANG DEPRESI DAN UPAYA PENANGANANNYA DI UPTD RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH (MAULA ARIFA, 2018)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FUNGSI KOGNITIF USIA LANJUT DI UPTD RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG KOTA BANDA ACEH (Zahriani Ulfa, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy