//

HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI BANGUN DATAR MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS V SDN 20 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Tri Hardianti - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHING METHODS
LEARNING OUTCOMES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Penelitian yang berjudul “Hasil Belajar Siswa Dalam Materi Bangun Datar Melalui Pendekatan Matematika Realistik Di Kelas V SDN 20 Banda Aceh” ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai siswa pada materi bangun datar yang menunjukkan bahwa 60% siswa masih berada di bawah nilai KKM (70). Penelitian ini mengangkat masalah bagaimana hasil belajar siswa dalam materi bangun datar melalui pendekatan matematika realistik di kelas V SD Negeri 20 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 20 Banda Aceh dalam materi bangun datar melalui pendekatan matematika realistik. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 20 Banda Aceh Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 60 orang siswa terdiri dari dua kelas yaitu kelas V¹ dan kelas V². Penentuan sampel dilakukan secara random (random sampling). Dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa dari kelas V¹ yang berjumlah 29 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 21 orang dan siswa perempuan berjumlah 8 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini diambil melalui tes. Pengolahan data menggunakan teknik statistik sederhana dalam bentuk penghitungan nilai rata-rata (mean). Data tes hasil belajar siswa kemudian diolah dengan menggunakan rumus persentase P = f/n x 100% untuk mengetahui ketuntasan siswa secara klasikal. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal dalam materi bangun datar melalui pendekatan matematika realistik di kelas V SD Negeri 20 Banda Aceh adalah 75. Dan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal diperoleh sebanyak 75,86% siswa mencapai ketuntasan. Disarankan penelitian dengan menggunakan pendekatan matematika realistik dapat dikembangkan setiap kali mengajarkan matematika khususnya pada materi bangun datar dan alangkah baiknya agar siswa tidak lagi dipandang sebagai pihak yang mempelajari sesuatu yang sudah jadi, tetapi sebagai pihak yang aktif mengembangkan ide-ide mereka dalam memecahkan suatu masalah.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK TALK WRITE (TTW) PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS V SD NEGERI GAROT ACEH BESAR (Yuni Yanti, 2015)

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR BAGI SISWA KELAS IV SDN UNGGUL LAMPENEURUT ACEH BESAR (TUTIA FITRI, 2019)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VII MTSN MODEL BANDA ACEH (RIZKA, 2015)

PEMBELAJARAN KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR RNMENGGUNAKAN MEDIA KIT MATEMATIKA RNDI KELAS III A SEKOLAH DASAR RNNEGERI 16 BANDA ACEH (Nurhanif, 2015)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS VII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH (Jamila, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy