PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI KOLOID KELAS XI DI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI KOLOID KELAS XI DI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014


Pengarang

Zulianti Marlianda - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0706103080028

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kata Kunci: Pendekatan, Kontekstual, Koloid
Telah dilakukan penelitian tentang ”Penerapan Pendekatan Kontekstual Pada
Materi Koloid Kelas XI Di SMAN 12 Banda Aceh”. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui aktivitas siswa, hasil belajar, dan tanggapan siswa terhadap penerapan
pendekatan kontekstual. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif.
Subjek penelitian adalah 23 orang siswa kelas XI-IA2 terdiri dari 13 orang siswa
perempuan dan 10 orang siswa laki-laki. Metode pengumpulan data dilakukan
dengan cara tes tertulis, observasi dan angket. Tes tertulis bertujuan untuk
mengetahui hasil belajar siswa di akhir pertemuan. Observasi bertujuan untuk
menilai aktivitas siswa. Angket bertujuan untuk mengetahui tanggapan siswa
terhadap penerapan pendekatan kontekstual. Hasil belajar siswa mencapai ketuntasan
secara klasikal sebesar 91,30%. Aktivitas siswa pada setiap pertemuan sangat baik
dari 86,5% pada pertemuan pertama menjadi 88,1% pada pertemuan kedua.
Persentase siswa yang memberikan respon positif terhadap penerapan pendekatan
kontekstual sebesar 86,95%, sedangkan 13,03% siswa yang memberikan respon
negatif. Kesimpulan dari penelitian ini hasil belajar siswa tuntas secara klasikal.
Aktivitas siswa meningkat melalui penerapan pendekatan kontekstual. Dan siswa
merasa senang terhadap penerapan pendekatan kontekstual.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK