//

PENGARUH METODE PENCUCIAN SPERMATOZOA SAPI ACEH TERHADAP PERSENTASE MOTILITAS, HIDUP DAN INTEGRITAS MEMBRAN PLASMA UTUH SPERMATOZOA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Listin Handayani, S.KH - Personal Name

Abstrak/Catatan

PENGARUH METODE PENCUCIAN SPERMATOZOA SAPI ACEH TERHADAP PERSENTASE MOTILITAS, HIDUP DAN INTEGRITAS MEMBRAN PLASMA UTUH SPERMATOZOA ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pencucian spermatozoa dengan swim up dan sentrifugasi dalam medium isotonis terhadap kualitas spermatozoa sapi aceh. Pada penelitian ini menggunakan sampel semen segar sapi aceh jantan sehat, berumur 3-4 tahun. Segera setelah penampungan semen, dilakukan pemeriksaan kualitas semen segar secara makroskopis dan mikroskopis. Dilakukan pencucian spermatozoa dengan sentrifugasi dan swim up dalam medium pencucian spermatozoa.di lakukan Kelompok 1 sebagai kontrol (P0) yaitu semen yang di cuci dengan laruta isotonis (medium andromed : NaCL fisiologis) dengan perbandingan 1:8 . Kelompok 2 sebagai perlakuan 1 (P1) yaitu semen yang dipisahkan dengan metode sentrifugasi. Kelompok 3 sebagai perlakuan 2 (P2) yaitu semen yang dipisahkan dengan metode swim up setelah itu dilakukan pemeriksaan kualitas spermatozoa hasil pencucian. Masing-masing kelompok perlakuan di ulangi sebanyak 5 kali. Parameter kualitas spermatozoa yang diukur adalah persentase motilitas, spermatozoa viabilitas dan integritas membran plasma utuh spermatozoa. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis varian (ANOVA) pola satu arah yang dilanjutkan dengan uji berganda Duncan. Hasil penelitian menunjukan rataan ± SD persentase motilitas spermatozoa masing-masing kelompok perlakuan (P0; P1; P2) secara berurutan adalah sebesar 72,00 ± 3,74%; 66,40 ± 4,77%; 73,60 ± 3,29%. Persentase viabilitas adalah sebesar 72,00 ± 3,74%; 66,40 ± 2,88%; 71,80± 2,17%. Persentase integritas membran plasma utuh spermatozoa adalah sebesar 68,20 ± 1,79%; 57,20 ± 3,77%; 69,00 ± 2,00%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase motilitas, spermatozoa hidup dan integritas membran plasma utuh setelah pemisahan dengan metode swim up berbeda secara nyata (P

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

INTEGRITAS MEMBRAN PLASMA UTUH SPERMATOZOA KAMBING RNPERANAKAN BOER SETELAH PENGENCERAN SITRAT KUNING TELUR RNDENGAN PENAMBAHAN SARI BUAH TOMAT (LYCOPERSICON RNESCULENTUM) DALAM PENYIMPANAN DINGIN 3-50C (Murniati, 2015)

PENGARUH PENAMBAHAN VITAMIN C DALAM PENGENCER ANDROMED®TERHADAP MOTILITAS DAN MEMBRAN PLASMA UTUH SPERMATOZOA SAPI ACEH SETELAH PEMBEKUAN (Hasan Al Aslam, S.KH, 2015)

ANALISIS INTEGRITAS MEMBRAN PLASMA SPERMATOZOA SAPI ACEH SETELAH PEMBEKUAN MENGGUNAKAN PENGENCER ANDROMED DENGAN LAMA WAKTU EKUILIBRASI YANG BERBEDA (MEUTIA SAFITRI, 2021)

KUALITAS SPERMATOZOA SAPI ACEH (BOS TAURUS INDICUS) SETELAH SEXING DENGAN METODE SWIM UP, GRADIEN ALBUMIN DAN KOLOM BOVINE SERUM ALBUMIN (BSA) (KHALIS TALITHA G, 2019)

PENGARUH KONSENTRASI KUNING TELUR ANGSA DALAM MEDIUM SITRAT DAN LAMA WAKTU PENDINGINAN PADA SUHU 5 TERHADAP INTEGRITAS MEMBRAN PLASMA SPERMATOZOA SAPI ACEH (SAFIRA MUSTAQILLA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy