//

MORFOLOGI DAN KANDUNGAN KARBOHIDRAT KELENJAR LINGUALIS DAN SUBLINGUALIS ITIK (ANAS PLATHYRINCHOS)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Afifuddin, S.KH - Personal Name

Abstrak/Catatan

MORFOLOGI DAN KANDUNGAN KARBOHIDRAT KELENJAR LINGUALIS DAN SUBLINGUALIS ITIK (Anas plathyrinchos) ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui morfologi dan kandungan karbohidrat kelenjar lingualis dan sublingualis itik (Anas plathyrinchos). Penelitian ini menggunakan kelenjar lingualis dan sublingualis dari satu ekor itik betina yang berumur satu tahun. Pengamatan dilakukan terhadap morfologi anatomi dan histologi serta kandungan karbohidrat dari kelenjar tersebut. kelenjar lingualis dan sublingualis difiksasi dalam larutan BNF 10% dan diproses menjadi preparat histologi dan diwarnai dengan pewarnaan hematoksilin-eosin (HE) serta pewarnaan alcian blue (AB) pH 2,5 dan periodic acid Schiff (PAS) untuk mendeteksi kandungan karbohidrat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelenjar lingualis tidak bisa diamati bentuknya karena terletak dibawah epitel lidah. Sedangkan kelenjar sublingualis memiliki bentuk memanjang dan tidak berbungkul seperti kelenjar umumnya, terletak diventral lidah (dorsoventral lingual) diantara os mandibula kiri dan kanan serta ditutupi oleh musculus digastricus venter oral. Pengamatan mikroskopis dengan pewarnaan hematoksilin-eosin (HE) diketahui bahwa kelenjar lingualis dan sublingualis merupakan kelenjar tubular kompleks. Hasil pewarnaan AB pH 2,5 dan PAS menunjukkan bahwa kelenjar lingualis dan sublingualis mengandung karbohidrat asam dan netral yang ditunjukkan reaksi positif dengan intensitas yang beragam mulai dari lemah (+) hingga kuat (+++) yang tersebar dibagian sitoplasma sel dan sekreta pada lumen kelenjar. Variasi yang diperlihatkan dari hasil pewarnaan AB pH 2,5 dan PAS berkaitan dengan adanya dinamisasi dari aktivitas sel kelenjar tersebut. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kelenjar lingualis dan sublingualis itik merupakan kelenjar tubular kompleks dan memilki tipe sel sekretoris mukus. Pewarnaan AB pH 2,5 dan PAS menunjukkan bahwa sitoplasma sel sekretori dan sekreta kelenjar lingualis dan sublingualis itik mengandung karbohidrat asam dan karbohidrat netral.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MORFOLOGI DAN SEBARAN KARBOHIDRAT PADA KELENJAR SALIVA BIAWAK AIR(VARANUS SALVATOR) (Alfajri Saputra, 2014)

IDENTIFIKASI DAN DISTRIBUSI KARBOHIDRAT PADA KELENJAR ASESORIS KELAMIN SAPI ACEH JANTAN (HERLINA YULIANI, 2016)

KAJIAN HISTOKIMIA SEBARAN KARBOHIDRAT PADA KELENJAR MANDIBULARIS DAN KELENJAR RNLINGUALIS AYAM PETELUR (GALLUS SP.) (sari ramadhani, 2014)

KAJIAN HISTOKIMIA SEBARAN KARBOHIDRAT PADA KELENJAR MANDIBULARIS DAN KELENJAR LINGUALIS AYAM PETELUR (GALLUS SP.) (Sari Ramadhani, S.KH, 2015)

ANATOMI KOMPARATIF SKELETON AXIALE ITIK (ANAS PLATYRHYNCHOS) DAN ENTOK (CAIRINA MOSCHATA) JANTAN (GITO HAPUTRA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy