//

PENGARUH MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK DI SMA LABSCHOOL BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2012/2013

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang fitria silviana - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
LEARNING OUTCOMES
VIDEO MEDIA
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Media, video, Gelombang Elektromanetik Untuk dapat berlangsungnya pendidikan formal secara lebih baik, diperlukan bermacam-macam faktor penunjang seperti lingkungan pendidikan, media pengajaran, serta berbagai macam keperluan lainnya. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, media video dapat mudah ditemukan dalam jenis-jenis media yang disediakan oleh perusahaan-perusahan software. Namun dalam dunia pendidikan, media video masih ada yang jarang digunakan oleh guru sebagai media belajar untuk dapat membantu dalam kegiatan belajar mengajar dan sebagai salah satu metode mengajar yang digunakan untuk menjadi lebih efektif. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media video pada materi gelombang elektromagnetik terhadap hasil belajar siswa di SMA Labschool Banda Aceh tahun ajaran 2012/2013. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi dan dengan menggunakan analisis deskriptif. Dalam kegiatan mengumpulkan data, peneliti menggunakan instrumen tertulis atau tes berupa sejumlah soal yang diberikan kepada siswa. Data yang diperoleh selanjutnya dilakukan uji homogenitas dan uji normalitas untuk mengetahui apakah data dalam variabel X dan Y bersifat homogen atau tidak, kemudian untuk mengetahui apakah sampel yang diambil berasal dari distribusi normal atau tidak. Untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas X.3 dan X.4, maka perlu dilakukan uji hipotesis. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t dengan kriteria pihak kanan dan dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dianalisis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada media video terhadap hasil belajar siswa pada kelas eksperimen.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

THE USE OF VIDEO-BASED LEARNING FOR THE IMPROVEMENT OF STUDENTS’ WRITING ACHIEVEMENT (Riski Agustina, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOORDINASI DI SMAN SIGLI (AUDIA ANDA RINI, 2021)

THE USE OF VIDEO IN TEACHING LISTENING (Addina, 2014)

PENERAPAN MEDIA VIDEO YANG DIINTEGRASIKAN DENGAN PROBLEM BASE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI PESERTA DIDIK SMAN 5 DAN SMAN 8 KOTA BANDA ACEH PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI (HAYATURRAHMI, 2019)

PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS VIDEOSCRIBE PADA MATERI KOLOID UNTUK MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN FISIKA TAHUN AKADEMIK 2016/2017 (Putra Purnama, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy