//

SEBARAN KARBOHIDRAT PADA USUS BIAWAK AIR (VARANUS SALVATOR)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zuchri - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan mengetahui pola sebaran karbohidrat pada usus biawak air dengan metode histokimia. Organ usus yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari satu ekor biawak air jantan dewasa. Organ tersebut terlebih dahulu diperfusi dan difiksasi dengan larutan paraformaldehid 4%. Usus dibagi menjadi enam bagian (I-VI) dan selanjutnya diproses menjadi preparat histologi. Deteksi sebaran karbohidrat golongan asam dan netral pada permukaan jaringan usus dilakukan dengan metode histokimia alcian blue (AB) pH 2,5 untuk karbohidrat asam dan periodic acid Schiff (PAS) untuk karbohidrat netral. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebaran karbohidrat asam ditemukan pada sel goblet dengan intensitas reaksi sedang (++) sampai kuat (+++), sedangkan pada struktur usus yang lain tidak mengandung karbohidrat asam. Sebaran karbohidrat netral ditemukan di seluruh permukaan jaringan usus dengan intensitas reaksi lemah (+) sedangkan intensitas reaksi sedang (++) sampai kuat (+++) ditemukan pada sel goblet. Jumlah sel goblet yang mengandung karbohidrat asam dan netral pada usus bagian I-IV lebih sedikit (+~++) dibandingkan usus bagian V-VI (+++). Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa sebaran karbohidrat asam dan netral ditemukan di seluruh bagian usus biawak dan jumlah sel goblet yang terdeteksi positif dengan AB dan PAS lebih banyak ditemukan pada bagian usus V dan VI.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SEBARAN KARBOHIDRAT PADA USUS BIAWAK AIR (VARANUS SALVATOR) (ZUCHRI, 2014)

SEBARAN KARBOHIDRAT PADA USUS BIAWAK AIR (VARANUS SALVATOR) (Zuchri, 2015)

MORFOLOGI ANATOMI DAN HISTOLOGI USUS BIAWAK AIR (VARANUS SALVATOR) (Sri Mulyani, 2014)

JUMLAH ERITROSIT, NILAI HEMATOKRIT, DAN KADAR HEMOGLOBIN BIAWAK AIR (VARANUS SALVATOR) YANG TELAH DIDOMESTIKASI DAN BIAWAK AIR LIAR (Mhd Arif Pratama Pjt, 2019)

DESKRIPSI LOKASI BERSARANG DAN AKTIVITAS HARIAN BIAWAK AIR (VARANUS SALVATOR) DI SEKITAR DESA MIRUEK LAMREUDEUP, DESA LAMBARO SUKON DAN DESA LAMPEUDAYA, KECAMATAN DARUSSALAM DAN BAITUSSALAM (NURUL AZMI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy