//

PENGARUH FAKTOR KEPRIBADIAN TERHADAP KEJADIAN SINDROM PRAHAID

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang atika musfirah - Personal Name
SubjectPREMENSTRUAL SYNDROME - GYNECOLOGY
MENSTRUATION CYCLE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Sindrom prahaid adalah sekumpulan gejala fisik dan psikologis yang terjadi pada fase luteal dari siklus menstruasi. Penyebab sindrom prahaid ini yang meliputi berbagai faktor, baik biologi maupun psikososial. Faktor lain yang turut mempengaruhi sindrom prahaid itu adalah berasal dari ciri kepribadian seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor kepribadian terhadap sindrom prahaid pada mahasiswi Fakultas Kedokteran Unsyiah. Penelitian analitik ini menggunakan rancangan cross sectional yang dilaksanakan pada bulan Januari sampai Februari 2013. Pengambilan sampel secara probability sample berupa teknik stratified random sampling dengan jumlah responden 83 orang. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data penelitian ini menggunakan Chi Square. Dari hasil pengukuran 83 responden, didapatkan perincian 18 orang (21,7%) dengan kepribadian sanguinis, 28 orang (33,7%) dengan kepribadian koleris, 12 orang (14,5%) dengan kepribadian plegmatis dan 25 orang (30,1%) dengan kepribadian melankolis. Dari 83 mahasiswi, didapatkan persentase mahasiswi yang mengalami sindrom prahaid sedang-berat adalah 45 orang (54,2%). Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa terdapat pengaruh faktor kepribadian dengan kejadian sindrom prahaid (p=0,000). Responden dengan kepribadian koleris dan melankolis cenderung mengalami sindrom prahaid dibandingkan responden dengan kepribadian sanguinis dan plegmatis. Kata kunci: Faktor Penyebab, Kepribadian, dan Sindrom Prahaid

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN SINDROM PRAMENSTRUASI DENGAN INSOMNIA PADA MAHASISWI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS SYIAH KUALA (HILWA SALSABILA, 2017)

HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS SINDROMA PRAMENSTRUASI DENGAN NYERI KEPALA DIUKUR MENGGUNAKAN HEADACHE IMPACT TEST (HIT-6TM) (SHANAZ KANANDA, 2015)

PERBEDAAN RERATA PANJANG SIKLUS MENSTRUASI ANTARA MAHASISWI BERSTATUS GIZI OBESITAS DENGAN STATUS GIZI NORMAL DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Ikhsanuddin Basili, 2017)

¬HUBUNGAN POLA MAKAN DENGAN TERJADINYA SINDROM DISPEPSIA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Nurdiansaputri, 2016)

HUBUNGAN PENGGGUNAAN STEROID DENGAN TEKANAN DARAH PADA ANAK SINDROM NEFROTIK DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN (ica rizky yanda, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

¬© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy