//

PENGARUH PEMASANGAN DOUBLE-J STENT TERHADAP TIMBULNYA LOWER URINARY TRACT SYMPTOMS DI RSUDZA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang T. Okky Radhinal Akhyar - Personal Name
SubjectLOWER EXTREMINITES-MEDICANE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Double – J stent merupakan alat untuk mempermudah aliran urin dari ginjal ke kandung kemih akibat adanya obstruksi. Pemasangan DJ stent pada ureter, baik unilateral maupun bilateral memiliki makna sebagai implantasi benda asing pada tubuh yang dapat menimbulkan komplikasi dan morbiditas yang telah menimbulkan banyak kasus yang berhubungan dengan Lower Urinary Tract Symptoms (LUTS) (60%). Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemasangan DJ stent terhadap timbulnya LUTS di RSUDZA Banda Aceh. Dari Total Sampling selama periode penelitian didapatkan sampel sebanyak 35 responden. Hasil penelitian didapatkan bahwa responden yang setelah 7 hari terpasang double-j stent pada unilateral ginjal yang paling banyak mengalami gejala sedang yang diukur dengan skala IPSS, dengan persentase 75,0%. Sedangkan responden yang terpasang double-j stent pada bagian bilateral ginjal paling banyak mengalami gejala berat yang diukur dengan skala IPSS, dengan persentase 72,7%. Selanjutnya dengan menggunakan uji Fisher didapatkan bahwa pemasangan DJ stent berpengaruh terhadap timbulnya LUTS setelah 7 hari pemasangan dengan nilai p = 0.011 (p < 0.05). Kata Kunci: Double-J Stent, Lower Urinary

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PEMASANGAN DOUBLE-J STENT TERHADAP TIMBULNYA INFEKSI SALURAN KEMIH (Riri Putria, 2015)

KORELASI VOLUME PROSTAT DENGAN DERAJAT LOWER URINARY TRACT SYMPTOMS DI RSUDZA BANDA ACEH (SARAH SAFIRA, 2019)

KARAKTERISTIK MANIFESTASI KLINIS DIABETES MELLITUS PADA PASIEN USIA LANJUT (Muetia Nailan Edward, 2014)

PERSIAPAN DAN PEMASANGAN KATETER PADA KUCING JANTAN (Muhammad Ridwan, 2020)

PREDIKSI UMUR LELAH PEGAS ULIR SUSPENSI DEPAN MINIBUS YANG DIKEMUDIKAN PADA PERMUKAAN JALAN DATAR, MENANJAK DAN MENURUN BERBASIS PENDEKATAN STRAIN-LIFE (MUHAMMAD IKBAL, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy