//

DAMPAK PEMAKAIAN KONTRASEPSI HORMONAL DAN NON HORMONAL TERHADAP USIA RATA-RATA MENOPAUSE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Arinda Calvine Santoso - Personal Name
SubjectMENOPAUSE - GYNECOLOGY
CONTRACEPTION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Menopause yang terjadi pada tubuh seorang wanita akan menimbulkan gejala-gejala yang mungkin akan memberikan efek pada kualitas hidup seorang wanita. Di Indonesia, pemakaian alat kontrasepsi sudah mencapai angka 63,5 %. Kontrasespi hormonal dan non homonal memberikan kontribusi dalam penurunan angka kelahiran namun sampai saat ini belum ditemukannya kontrasepsi yang ideal bebas dari efek samping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pemakaian kontrasepsi hormonal dan non hormonal terhadap usia rata-rata menopause. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini ditujukan kepada wanita menopause yang mempunyai riwayat sebagai pengguna kontrasepsi hormonal atau non hormonal di kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara quota sampling, dengan besar sampel 30 wanita pengguna kontrasepsi hormonal dan 30 wanita pengguna kontrasepsi non hormonal. Data diambil melalui wawancara dengan kuisioner yang dilaksanakan pada September - Desember 2012. Data dianalisis dengan menggunakan uji statistik independent t-test dan uji korelasi pearson. Hasil analisa data menggunakan independent t-test diperoleh adanya pengaruh yang sangat nyata (p = 0,003) dari jenis kontrasepsi hormonal dan non hormonal terhadap usia rata-rata menopause dan di peroleh ada hubungan (p = 0,007) antara jenis kontrasepsi hormonal dan non hormonal dengan body mass index wanita menopause. Dan berdasarkan uji korelasi pearson diperoleh bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara lama pemakaian kontrasepsi hormonal (p = 0,303) dan non hormonal (p = 0,171) terhadap usia rata-rata menopause dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan (p = 0,824) antara usia menarche dengan usia rata-rata menopause Kata kunci : menopause, kontrasepsi, hormonal

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGGUNAAN KONTRASEPSI HORMONAL TERHADAP KELUHAN MENOPAUSE PADA WANITA DI DESA LAMBARO SKEP KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (Misbahul Jannah, 2014)

HUBUNGAN PENGGUNAAN KONTRASEPSI HORMONAL TERHADAP KELUHAN MENOPAUSE PADA WANITA DI DESA LAMBARO SKEP KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (Misbahul Jannah, 2016)

HUBUNGAN PEMAKAIAN KONTRASEPSI HORMONAL DENGAN OBESITAS PADA IBU DI PUSKESMAS KOTA BANDA ACEH (mutia sari andayani, 2015)

PERBEDAAN PENGETAHUAN WANITA USIA SUBUR DAN USIA MENOPAUSE SERTA GAMBARAN SIKAP DAN PERILAKU WANITA USIA MENOPAUSE TERHADAP MENOPAUSE DI KECAMATAN DARUSSALAM TAHUN 2010 (INTAN MINOFA, 2013)

HUBUNGAN PENGGUNAAN KONTRASEPSI HORMONAL DENGAN GANGGUAN MENSTRUASI PADA WANITA USIA SUBUR (CUT ZAIRA ADILLA ALHUMAIRA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy