//

DETEKSI RESISTENSI BAKTERI ESCHERICHIA COLI SEBAGAI PENYEBAB MASTITIS PADA SAPI PERAH TERHADAP ANTIBIOTIK DI DESA PUJON KABUPATEN MALANG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Andi Rosman Arfan Ar. - Personal Name

Abstrak/Catatan

Peradangan pada ambing atau mastitis menyebabkan menurunnya produksi susu yang dihasilkan oleh sapi. Eschericia coli merupakan bakteri yang diwaspadai sebagai penyebab mastitis. Eschericia coli diketahui telah resisten terhadap beberapa jenis antibiotik. Resistensi bakteri Eschericia coli terhadap beberapa antibiotik menyebabkan pengobatan menjadi tidak efektif dan masa pengobatan menjadi lebih panjang serta tidak produktifnya ternak sapi perah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persentase sapi penderita mastitis yang disebabkan oleh Eschericia coli dan resistensi bakteri ini terhadap antibiotik yang sering digunakan untuk pengobatan mastitis . Metode dalam penelitian ini meliputi pengambilan sampel susu di Peternakan warga Desa Pujon Kabupaten Malang . Pengambilan sampel susu dilakukan secara aseptis. Pengujian sampel susu dilakukan di laboratorium Kesehatan Masyarakat Veteriner dan Labolatorium Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Sampel positif mastitis dikultur dalam EMB darah untuk diperiksa koloni yang tumbuh. Koloni dari EMBA diuji antibiogram menggunakan beberapa cakram antibiotik yang berbeda. Berdasarkan hasil uji antibiogram, Eschericia coli telah mengalami resistensi terhadap antibiotik Penisilin,Tetrasiklin, dan Streptomisin. Dalam penelitian ini, Tetrasiklin dan Streptomisin masih memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan Eschericia coli Sedangkan Penisilin yang sering di gunakan di Desa Pujon Malang tidak efektif menghambat pertumbuhan bakteri. Kata kunci : Susu, Escherichia coli, Resistensi, Antibiotik

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN DAYA HAMBATEKSTRAK BAWANG PUTIH (ALLIUM SATIVUM) TERHADAP BAKTERI INDIKATOR PENYEBAB MASTITIS (FACHRUL AKBAR, 2019)

RESISTENSI ESCHERICIA COLI YANG DIISOLASI DARI FESES SAPI ACEH TERHADAP SEJUMLAH ANTIBIOTIK (WILA RISMA, 2019)

RESISTENSI ESCHERICHIA COLI TERHADAP ANTIBIOTIK DARI DAGING AYAM BROILER DI PASAR RUKOH (Akmal Mukti, 2017)

RESISTENSI ESCHERICHIA COLI TERHADAP ANTIBIOTIK DARI TELUR AYAM RAS DI MINIMARKET DARUSSALAM BANDA ACEH (Maulana, 2018)

RESISTENSI ESCHERICHIA COLI YANG DIISOLASI DARI TELUR AYAM DI BEBERAPA WARUNG KOPI KAWASAN DARUSSALAM KECAMATAN SYIAH KUALA, BANDA ACEH TERHADAP ANTIBIOTIK (M. Arif Al Furqan, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy