//

JANTANISASI IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS) MENGGUNAKAN HORMON METIL TESTOSTERON (MT) ALAMI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MIMI HERLINA, S.KH - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hormon metil testosteron alami terhadap tingkat keberhasilan jantanisasi ikan nila (Oreochromis niloticus). Penelitian ini menggunakan 270 ekor larva ikan nila berumur 7 hari sebagai hewan coba. Larva ikan nila tersebut dibagi ke dalam 3 perlakuan, masing-masing perlakuan terdiri dari 30 larva ikan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan I sebagai kontrol diberi pakan pelet secara ad libitum, perlakuan II diberi pakan yang mengandung hormon metil testosteron alami, dan perlakuan III diberi hormon melalui perendaman yaitu larva ikan direndam dengan hormon metil testosteron alami selama 20 jam. Selanjutnya ikan dipelihara sesuai dengan prosedur yang berlaku. Pengamatan dilakukan pada umur ke-60 sampai kelamin ikan dapat diamati. Parameter yang dihitung adalah persentase jenis kelamin jantan. Rata-rata (±SD) persentase jenis kelamin jantan (%) ikan nila pada perlakuan PI, PII, dan PIII berturut-turut adalah 36,39±3,97%, 66,72±6,13%, dan 82,37±6,87%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase jenis kelamin jantan ikan nila yang diberi hormon metil testosteron alami melalui pakan dan diberi hormon metil testosteron alami melalui perendaman berpengaruh sangat nyata (P

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH LAMA PERENDAMAN DALAM HORMON METIL TESTOSTERON (MT) ALAMI TERHADAP JANTANISASI LARVA IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS) (Jesica ramadhanita, 2015)

JANTANISASI IKAN MUJAIR (OREOCHROMIS MOSSAMBICUS) MENGGUNAKAN HORMON METHYL TESTOSTERON (MT) ALAMI (Silmi Wardani, S.kh, 2015)

HUBUNGAN KONSENTRASI HORMON 17α-METILTESTOSTERON TERHADAP PERSENTASE JANTANISASI BENIH IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS) DENGAN METODE PERENDAMAN PADA TINGKAT UMUR TIGA HARI (Ayuni Rezeki, 2014)

PENGARUH UMUR LARVA IKAN LELE DUMBO (CLARIAS GARIEPINUS ) TERHADAP JANTANISASI DENGAN PERENDAMAN MENGGUNAKAN HORMON METIL TESTOTERON (MT) ALAMI (Hattanul Mulia, 2015)

PENGARUH SUHU PEMELIHARAAN IKAN DAN MASA SIMPAN DAGING IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS) PADA PENYIMPANAN SUHU -20°C TERHADAP JUMLAH TOTAL BAKTERI (Nurdiani Muliana Sitakar, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy