//

GAMBARAN HISTOPATOLOGIS USUS HALUS AYAM KAMPUNG (GALLUS DOMESTICUS) YANG TERINFEKSI ASCARIDIA GALLI SECARA ALAMI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Syeila Utami, S.kh - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran histopatologi usus halus ayam kampung (Gallus domesticus) yang terinfeksi Ascaridia galli secara alami. Sepuluh usus halus ayam kampung yang didapat dari pasar Banda Aceh, diukur dan dibagi menjadi tiga bagian yaitu duodenum, jejenum dan ileum. Pada masing-masing bagian dipotong 2 cm dan ditempel di kertas karton dan dibersihkan dengan formalin 5%, difiksasi dengan formalin 10% lalu dibuat preparat histopatologi dan diwarnai dengan Hematoksilin dan Eosin. Sisa usus halus dibuka dan dihitung jumlah cacing Ascaridia galli. Parameter yang diamati adalah gambaran histopatologi usus halus ayam kampung yang terinfeksi Ascaridia galli secara alami berdasarkan skoring. Hasil pengamatan dianalisis secara deskriptif. Hasil Penelitian menunjukkan pada duodenum, jejunum dan ileum yang terinfeksi Ascaridia galli mengalami hiperemi, hemoragi, infiltrasi sel radang serta perubahan gambaran villi yang meliputi deskuamasi, hiperplasia dan fusi. Tingkat kerusakan pada usus halus ayam kampung tersebut sangat ditentukan oleh jumlah cacing Ascaridia galli yang menginfeksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa semakin banyak Ascaridia galli yang menginfeksi ayam kampung maka semakin tinggi pula tingkat kerusakan yang terjadi pada usus halus.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN HISTOPATOLOGI USUS HALUS AYAM KAMPUNG (GALLUS GALLUS DOMESTICUS) YANG TERINFESTASI TINGGI OLEH ASCARIDIA GALLI (SHAHNAZ RAYZA LUBIS, 2019)

JUMLAH SEL GOBLET PADA USUS HALUS AYAM KAMPUNG (GALLUS DOMESTICUS) YANG TERINFEKSI ASCARIDIA GALLI SECARA ALAMI (connie januari, 2015)

JUMLAH SEL GOBLET PADA VILLI USUS HALUS AYAM KAMPUNG (GALLUS DOMESTICUS) YANG TERINFEKSI ASCARIDIA GALLI SECARA ALAMI (Ikhwan Amir, 2016)

JUMLAH SEL MAST PADA USUS HALUS AYAM KAMPUNG (GALLUS DOMESTICUS)YANG TERINFEKSI CACING ASCARIDIA GALLI SECARA ALAMI (Via Aryani, 2015)

LUAS PERMUKAAN VILI USUS HALUS AYAM KAMPUNG (GALLUS DOMESTICUS) YANG TERINFEKSI ASCARIDIA GALLI SECARA KRONIS (Helena, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy