//

PENERAPAN INQUIRY ROLE APPROACH (INKUIRI PENDEKATAN PERAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 DARUSSALAM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Kasmi Laila - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci :Penerapan, Inquiry role approach, Hasil Belajar Salah satu masalah yang terjadi pada pendidikan saat ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran fisika. Berdasarkan observasi yang telah peneliti lakukan di SMA Negeri 1 Darussalam, diperoleh informasi bahwa kegiatan pembelajaran fisika kurang dapat menumbuhkan semangat dan keaktifan siswa dalam proses belajar. Namun belum ada upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa dengan menggunakan model lain. Hal ini dikarenakan oleh kurang tepatnya penggunaan model pembelajaran yang digunakan oleh guru serta banyak guru yang masih banyak menggunakan model atau pendekatan yang masih terfokus kepada guru sehingga membuat siswa kurang aktif. Oleh karena itu penulis memilih Inquiry role approach untuk diterapkan pada materi momentum dan impuls diharapkan dapat meningkatnya hasil belajar siswa pada materi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa, kemampuan guru mengelola kelas dan respon siswa terhadap pembelajaran melalui penerapan Inquiri Role pada pelajaran Fisika kelas XI SMA Negeri 1 Darussalam. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan instrumen-instrumen yang terdiri dari tes hasil belajar siswa, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran, lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran dengan menggunakan Inquiry role approach dan lembar respon siswa. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hal ini dapat disimpulkan bahwa: penerapan Inquiry role approach dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi momentum dan impuls dari siklus 1,2 dan 3 yaitu 76,87%, 80% dan 88,75%, aktifitas guru dan siswa sudah mencerminkan pembelajaran inquiry role approach, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran materi momentum dan impuls dengan menggunakan Inquiry role approach pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Darussalam secara umum dapat dikatakan dalam katagori baik dan respon siswa terhadap pembelajaran Inquiry role approach menyetujui kegiatan KBM dengan Inquiry role approach dan berminat untuk mengikuti KBM selanjutnya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

AKTIVITAS SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) DI KELAS X IPA 1 MAN DARUSSALAM (Nuriyanti, 2017)

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL (PHET ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN HARMONIS KELAS XI-MIPA4 SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (Ummi Rafidah, 2018)

PENERAPAN METODE EKSPERIMEN BERBASIS INQUIRY PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DI KELAS XI MAN DARUSSALAM TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Rika Widia Sari, 2014)

PENGARUH PENDEKATAN INKUIRI BEBAS YANG DIMODIFIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA NEGERI 1 BIREUEN (Octiara Fatmasari, 2014)

PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LAJU REAKSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA KELAS XI IPA DI MAN BANDA ACEH 1 (WAHYUNI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy