//

UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS-EKONOMI POKOK BAHASAN PERDAGANGAN INTERNASIONAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA SMP NEGERI 2 PASIE RAJA KABUPATEN ACEH SELATAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Marliani - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Berbagai usaha terus dilakukan untuk menigkatkan hasil belajar siswa, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Skripsi ini berjudul Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPS-Ekonomi Pokok Bahasan Perdagangan Internasional Melalui Model pembelajaran Koorperatif Tipe Talking Stick pada SMP Negeri 2 Pasie Raja Kabupaten Aceh Selatan. Tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran koorperatif tipe talking stick pada pembelajaran Ekonomi materi perdagangan internasional pada kelas IX-3 di SMP 2 Pasie Raja, (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IX-3 setelah menerapkan pembelajaran koorperatif tipe talking stick dalam pelajaran Ekonomi materi perdagangan internasional di SMP Negeri 2 Pasie Raja, (3) untuk mengetahui respon siswa kelas IX-3 terhadap penggunaan model pembelajaran koorperatif tipe talking stick pada pelajaran Ekonomi di SMP 2 Pasie Raja. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan (Planning), pelaksanaan (Action), pengamatan (Observation), dan refleksi (Refflection). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-3 SMP Negeri 2 Pasie Raja Kabupaten Aceh Selatan Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan jumlah 35 orang, terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 persentase ketuntasan belajar siswa (41,17 %), pada siklus 2 persentase ketuntasan belajar siswa menjadi (64,71 %), selanjutnya pada siklus 3 persentase ketuntasan belajar yang dikehendaki adalah 70 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran koorperatif tipe talking stick dapat berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa kelas IX-3 SMP Negeri 2 Pasie Raja Kabupaten Aceh Selatan Tahun Pelajaran 2012/2013, serta dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran IPS-Ekonomi.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 3 LAWE SIGALAGALA ACEH TENGGARA TAHUN AJARAN 2012-2013 (lebe berkat, 2014)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS VII/4 SMP NEGERI 2 PASIE RAJA, ACEH SELATAN (JAMHUR, 2014)

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA KELAS X SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Rahmi Yulis, 2018)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DENGAN STRATEGI JOYFUL LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII MTSN MEURAXA BANDA ACEH (NURUL FAJRI, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA MATERI MINYAK BUMI PADA KELAS X SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Sri Ninta Br Sinulingga, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy