//

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK TEH HIJAU (CAMELIA SINENSIS)TERHADAP KADAR HEMOGLOBIN DAN NILAI HEMATOKRIT PADA TIKUS WISTAR (RATTUS NOVERGICUS)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FITRI SUSANTI, S.Kh - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pemberian ekstrak teh hijau (Camelia sinensis) terhadap kadar hemoglobin dan nilai hematokrit pada tikus Wistar (Rattus norvegicus). Dalam penelitian ini digunakan 20 ekor tikus Wistar sehat berumur 2,5-3,0 bulan yang diadaptasikan 2 minggu sebelum penelitian. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan: Kelompok kontrol (P0) tidak diberi ekstrak teh hijau, kelompok P1 diberi ekstak teh hijau dengan dosis 0,045 g/ml/hari, kelompok P2 diberi ekstrak teh hijau dengan dosis 0,060 g/ml/hari dan kelompok P3 diberi ekstrak teh hijau dengan dosis 0,075 g/ml/hari. Pemberian ekstrak teh hijau dilakukan selama 30 hari berturut-turut. Pengambilan darah melalui sinus orbitalis sebanyak 2 ml menggunakan pipet kapiler. Selama penelitian tikus percobaan diberi pakan standart (Turbo Feed) dan air minum secara ad libitum. Data dianalisis dengan analisis varian (ANAVA) pola searah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata±SD kadar hemoglobin (g/dl) tiap kelompok perlakuan (P0, P1, P2, dan P3) berturut-turut adalah 11,86±0,55; 12,58±1,40; 11,82±0,69 dan 12,50±0,84. Rata-rata±SD nilai hematokrit (%) tiap kelompok perlakuan (P0, P1, P2, dan P3) berturut-turut adalah 44,00±4,30; 43,40±1,14; 44,00±1,58 dan 42,80±1,79. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pemberian ekstrak teh hijau tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap kadar hemoglobin dan nilai hematokrit pada tikus Wistar.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROFIL DARAH TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) YANG DIINFEKSIKAN TRYPANOSOMA EVANSI (Hasri Afandi, 2017)

PENGARUH EKSTRAK TOMAT (LYCOPERSICUM ESCULANTUM) TERHADAP KONSENTRASI SPERMATOZOA TIKUS PUTIH (RATTUS NOVERGICUS) YANG DIBERI PAKAN TINGGI KOLESTEROL (Fadli syah, 2015)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN MIMBA (AZADIRACHTA INDICA) TERHADAP PROFIL DARAH TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) JANTAN YANG DIINFEKSIKAN TRYPANOSOMA EVANSI ISOLAT KRUENG RAYA (Atika Agusty, 2016)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK ALBEDO SEMANGKA MERAH (CITRULLUS LANATUS) TERHADAP JUMLAH SEL-SEL SPERMATOGENIK TIKUS PUTIH (RATTUS NOVERGICUS) DIABETES MELITUS (ANNISA LATIFAH J, 2019)

PENGARUH EKSTRAK ALBEDO SEMANGKA MERAH (CITRULLUS LANATUS) TERHADAP PATOLOGI ANATOMI TESTIS TIKUS (RATTUS NOVERGICUS) DIABETES MELITUS (Risda Hayati, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy