//

IDENTIFIKASI PARASIT PADA IKAN LELE DUMBO (CLARIAS GARIEPINUS) DI DESA LAMBRO DEYAH KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Adistya Putra Rizki - Personal Name

Abstrak/Catatan

Parasit yang menginfeksi ikan budidaya dapat mengakibatkan menurunnya produksi bahkan kematian masal. Sebuah penelitian telah dilakukan pada ikan lele (Clarias gariepinus) di desa Lambro Deyah kecamatan Kuta Baro, Aceh Besar. Penelitian ini berlangsung dari April sampai dengan Mei 2014 dan bertujuan mengidentifikasi jenis parasit yang menginfeksi ikan lele serta menentukan tingkat prevalensi jenis-jenis parasit. Sebanyak 30 ekor ikan lele yang diambil menggunakan jaring kemudian diperiksa di laboratorium parasitologi Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh untuk melihat keberadaan ektoparasit dan endoparasit. Pemeriksaaan ektoparasit dilakukan dengan cara pengamatan organ tubuh bagian luar serta dengan membuat apusan lendir yang diperiksa di bawah mikroskop. Sedangkan pemeriksaan endoparasit dilakukan dengan cara pengamatan pada bagian dalam. Penelitian ini menemukan lima jenis parasit yang menginfestasi ikan lele (C. gariepinus) yaitu Dactylogyrus sp 43,33%, Gyrodactylus sp 20%, Trichodina sp 10%, Camallanus sp 3,33% dan cacing yang belum teridentifikasi 3,33%.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN HISTOPATOLOGI INSANG IKAN LELE DUMBO (CLARIAS GARIEPINUS) YANG TERPAPAR EKTOPARASIT TRICHODINA SP. (CLARIAS GARIEPINUS) YANG TERPAPAR EKTOPARASIT TRICHODINA SP. (ULIL ABSAR RUSYDI, 2020)

PENGARUH LAMA PERENDAMAN LARVA IKAN LELE DUMBO (CLARIAS GARIEPINUS) DALAM HORMON METILTESTOSTERON ALAMI MENJADI IKAN LELE JANTAN (ananda afrida, 2015)

JANTANISASI IKAN LELE DUMBO (CLARIAS GARIEPINUS) MENGGUNAKAN HORMON METHYL TESTOSTERONE (MT) ALAMI (Elia Novara, S.KH, 2015)

PENGARUH PEMBERIAN TUMBUHAN MATA LELE (AZOLLA PINNATA) TERHADAP PERTAMBAHAN BOBOT BADAN IKAN LELE DUMBO (CLARIAS FUSCUS) (Cut Nazia Izzati, 2015)

PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK BAWANG MERAH (ALLIUM CEPA L.) SEBAGAI PREBIOTIK RNDALAM PAKAN UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN IKAN LELE DUMBO RN(CLARIAS GARIEPINUS) (Jemaan, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy